Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

KemenPAN-RB Terima Aduan PNS Dilarang Berjanggut

PNS berjilbab sudah biasa, tapi bagaimana dengan pegawai tampil berewokan atau rambut gondrong? Ini masih menjadi masalah di sejumlah instansi. Menurut Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman,‎ pihaknya menerima pengaduan PNS dari salah satu instansi yang mengaku dilarang memelihara janggut.
"PNS ini mengaku ditegur atasannya karena berjanggut. Karena disuruh potong janggut, PNS ini merasa tidak nyaman dan meminta petunjuk KemenPAN-RB," terang Herman kepada JPNN, Minggu (30/8).

Dijelaskannya, di dalam PP 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS butir ke-17 disebutkan ‎setiap PNS wajib menaati aturan kedinasan yang ditetapkan pejabat berwenang. Itu berarti PNS harus patuh dengan aturan di tempat dia bekerja.
"Terkait dengan pengaduan PNS yang dilarang berjanggut kembali kepada aturan kedinasan di instansi tersebut," ucapnya.

‎Meski begitu, menurut mantan pejabat di Sumedang ini, selama pelayanan publik kepada masyarakat tidak terganggu dan tidak ada aturan kedinasan, PNS berewokan tidak masalah.
"Kalau di instansinya tidak ada larangan untuk memelihara janggut, tidak fair kalau PNS-nya ditegur. Pimpinan instansi juga tidak boleh sewenang-wenang kepada bawahannya. Kecuali ada aturan yang melarang, PNS-nya harus taat. Kalau tidak mau taat aturan, pimpinan instansi bisa menegur PNS-nya, tentu caranya sesuai PP 53/2010," paparnya.

Sumber: jpnn

Mulai 2016, Beragam Jenis Tunjangan PNS Akan Dilebur Menjadi Dua Jenis Saja

Mulai tahun depan, beragam jenis tunjangan PNS akan dilebur menjadi dua jenis tunjangan saja. Skema baru ini diharapkan bisa memacu kinerja abdi negara. Skenario baru penghasilan PNS itu tertuang dalam pasal 79 Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Di dalam pasal itu dinyatakan bahwa PNS berhak mendapatkan gaji dan tunjangan. Gaji dibayarkan sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab, dan resiko.

Sedangkan tunjangan terdiri dari dua komponen atau jenis saja. Yakni tunjangan kinerja yang dibayarkan berdasarkan capaian kinerja. Kemudian tunjangan kemahalan yang mengacu indeks harga yang berlaku di daerah masing-masing. Dengan skema ini, sudah tidak ada lagi aneka tunjangan seperti tunjangan beras, lauk-pauk, anak/istri, dan sejenisnya.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman menuturkan, landasan teknis formulasi baru penggajian PNS itu ada dalam peraturan pemerintah (PP). "Sekarang PP-nya masih dibahas. Insyallah akhir tahun ini selesai," katanya di Jakarta kemarin.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sumedang itu menuturkan dia menjelaskan aneka tunjangan yang sebelumnya ada bakal dimasukkan kedalam komponen gaji. Dengan penggabungan ini, maka gaji yang akan diterima PNS bakal naik. Namun statusnya bukan gaji pokok, melainkan gaji secara keseluruhan.

Sedangkan tunjangan kinerja adalah tunjangan yang selama ini disebut tunjangan remunerasi. Herman mengatakan tunjangan kinerja ini nantinya bakal diterima berbeda-beda antara satu PNS dengan PNS lainnya. Sebab besaran tunjangan kinerja ini merujuk pada capaian kinerja masing-masing PNS.

Dengan skema baru ini, Herman mengatakan PNS harusnya lebih terlecut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin. Khususnya untuk mengejar target kinerja yang sudah menjadi kontrak kerjanya.
"Misalnya kalau sering bolos atau terlambat masuk kerja, itu akan dikonversi menjadi rupiah dan memotong tunjangan kinerja," tuturnya.

Sementara itu terkait dengan keuangan negara, Herman mengatakan lebih terpantau rapi. Sebab sudah tidak ada lagi aneka tunjangan yang nominalnya tidak seberapa, tetapi banyak ragamnya. Melalui sistem ini Herman mengatakan pengeluaran keuangan negara untuk belanja gaji pegawai akan lebih terukur dan akuntabel.

Sistem baru penggajian PNS ini bakal diterapkan diantaranya di kalangan guru. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, ketentuan UU ASN itu dengan sendiri bakal berpengaruh pada pemberian tunjangan profesi guru (TPG). Nantinya TPG itu akan dimasukkan dalam jenis tunjangan kinerja.

Jadi jika ada guru yang kinerjanya jelek, misalnya sering bolos mengajar, maka TPG-nya bakal dipotong. Sedangkan selama ini pemberian TPG selalu utuh, tidak terpengaruh pada kinerja guru itu baik atau tidak. "Kita semangatnya ingin menjaga kinerja guru dalam mengajar supaya tetap prima," kata pejabat berkumis itu.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo berharap aturan baru ini tidak sampai merugikan guru. Dia mengatakan jika TPG masuk dalam tunjangan kinerja, nominalnya tidak boleh dikurangi.
"Sebab dalam UU Guru dan Dosen, besaran TPG itu 1 kali gaji pokok," kata dia. Sulistyo prihatin karena merasa ada pihak yang tidak ikhlas guru mendapatkan TPG.

Sumber; jpnn

Cara Mengetahui SWIFT CODE pada Bank di Indonesia

SWIFT CODE identik dengan terminologi “Bank Identifier Code” atau disingkat dengan BIC dalam wacana SWIFT. Salah satu peran SWIFT adalah menjadi “kantor pos global” bagi semua bank di dunia dalam mengirimkan dokumen transaksinya dari satu bank ke bank lain. Seperti layaknya kita mengirimkan surat melalui kantor pos, di sampul surat kita akan selalu memberikan identitas lengkap mengenai siapa penerima surat dan siapa pengirim surat tersebut.

Tiap "SWIFT CODE" pada bank berbeda-beda antar satu bank dengan yang lainnya. Kode-kode ini digunakan pada saat ada transfer uang antar bank, tentunya bagi yang sering melakukan pengiriman dan penerimaan uang pasti sudah akrab dengan SWIFT CODE ini tentunya sudah hafal.

Kesimpulannya, Swift code adalah kode bank yang berguna untuk transaksi secara internasional. Jika anda ingin mengirim atau menerima uang dari luar negeri baik melalui transfer bank maupun kartu kredit maka anda memerlukan kode ini untuk memverfikasinya.

Dalam dunia internet khusus bisnis online SWIFT CODE Pada Bank sangatlah penting. Jika anda ingin transfer uang ke Indonesia dari Luar negeri, pasti akan di tanyakan SWIFT CODE bank tujuan transfer anda. Berikut adalah SWIFT CODE Bank – bank yang ada di Indonesia :

SWIFT CODE Bank – bank yang ada di Indonesia

ABN AMRO Bank: ABNAIDJA
Hagabank: HAGAIDJA
Bank Artha Graha: ARTGIDJA
Bank Bumiputera Indonesia: BUMIIDJA
Bank Bumi Arta Indonesia: BBAIIDJA
Bank Buana Indonesia: BBIJIDJA
Bank Danamon: BDINIDJA
Bank Mandiri (not Bank Syariah Mandiri): BEIIIDJA
Bangkok Bank: BKKBIDJA
Bank Niaga: BNIAIDJA
Bank Negara Indonesia (BNI): BNINIDJA
Bank BNP Paribas Indonesia: BNPAIDJA
Bank Resona Perdania: BPIAIDJA
Bank Rakyat Indonesia (BRI): BRINIDJA
Bank Bukopin: BBUKIDJA
Bank Central Asia (BCA): CENAIDJA
Deutsche Bank AG: DEUTIDJA
Bank Mizuho Indonesia: MHCCIDJA
Hongkong and Shanghai Banking (HSBC): HSBCIDJA
Bank Internasional Indonesia (BII): IBBKIDJA
Bank Indonesia: INDOIDJA
Lippo Bank: LIPBIDJA
Bank NISP: NISPIDJA
Pan Indonesia Bank: PINBIDJA
Bank Rabobank International Indonesia: RABOIDJA
Bank UFJ Indonesia (formerly Bank Sanwa Indonesia): SAINIDJA
Bank Swadesi: SWBAIDJA
Bank Tabungan Negara (BTN): BTANIDJA
Bank UOB Indonesia: UOBBIDJA
Bank Permata: BBBAIDJA
Bank Maybank Indocorp: MBBEIDJA
Bank Chinatrust Indonesia: CTCBIDJA
Woori Bank Indonesia: HVBKIDJA
Bank Sumitomo Mitsui Indonesia: SUNIIDJA
Bank Finconesia: FINBIDJA
Bank OCBC Indonesia: OCBCIDJA
Bank Kesawan: AWANIDJA
Bank Commonwealth: BICNIDJA
Bank Ekonomi Raharja: EKONIDJA
Bank DBS Indonesia: DBSBIDJA
Bank CIC International (formerly Bank Century Intervest Corp): CICTIDJA
Bank Ekspor Indonesia: BEXIIDJA
Bank Mega: MEGAIDJA
Bank of China, Jakarta Branch: BKCHIDJA
Bank Syariah Mandiri (not Bank Mandiri): BSMDIDJA


Kode Bank di Indonesia
Apabila ingin mengirim uang antar bank di Indonesia, biasa disebut Kliring maka diperlukan kode bank. Silakan anda pilih kode yang sesuai dengan Bank tempat anda menabung :
1. ABN AMRO Bank: 052
2. American Express Bank LTD: 030
3. Bank Of America: 033
4. Bank Of China Limited: 069
5. BPD Aceh: 116
6. BPD Bali: 129
7. BPD Bengkulu: 133
8. BPD Jambi: 115
9. BPD Jawa Barat dan Banten: 110
10. BPD Jawa Tengah: 113
11. BPD Jawa Timur: 114
12. BPD Kalimantan Barat: 123
13. BPD Kalimantan Selatan: 122
14. BPD Kalimantan Tengah: 125
15. BPD Kalimantan Timur: 124
16. BPD Lampung: 121
17. BPD Maluku: 131
18. BPD Nusa Tenggara Barat: 128
19. BPD Nusa Tenggara Timur: 130
20. BPD Papua: 132
21. BPD Riau: 119
22. BPD Sulawesi Selatan: 126
23. BPD Sulawesi Tengah: 134
24. BPD Sulawesi Tenggara: 135
25. BPD Sulawesi Utara: 127
26. BPD Sumatera Barat: 118
27. BPD Sumatera Selatan: 120
28. BPD Sumatera Utara: 117
29. BPD Yogyakarta: 112
30. Citibank: 031
31. Deutsche Bank AG: 067
32. JP. Morgan Chase Bank: 032
33. Anglomas Internasional Bank: 531
34. ANZ Panin Bank: 061
35. Bank Agroniaga, Tbk: 494
36. Bank Akita: 525
37. Bank Alfindo: 503
38. Bank Antardaerah: 088
39. Bank Arta Niaga Kencana: 020
40. Bank Artha Graha Internasional: 037
41. Bank Artos Indonesia: 542
42. Bank Bintang Manunggal: 484
43. Bank Bisnis Internasional: 459
44. Bank BNP Paribas Indonesia: 057
45. Bank Bukopin: 441
46. Bank Bumi Arta: 076
47. Bank Bumipetera Indonesia: 485
48. Bank Capital Indonesia: 054
49. Bank Central Asia: 014
50. Bank Century: 095
51. Bank China Trust Indonesia: 949
52. Bank CommonWealth: 950
53. Bank Credit Agricole Indosuez: 039
54. Bank Danamon Indonesia: 011
55. Bank DBS Indonesia: 046
56. Bank Dipo Internasional: 523
57. Bank DKI: 111
58. Bank Ekonomi Raharja: 087
59. Bank Eksekutif Internasional: 558
60. Bank Ekspor Indonesia: 003
61. Bank Fama Internasional: 562
62. Bank Finconesia: 945
63. Bank Ganesha: 161
64. Bank Haga: 089
65. Bank Hagakita: 159
66. Bank Harda Internasional: 567
67. Bank Harfa: 517
68. Bank Harmoni Internasional: 166
69. Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk: 212
70. Bank IFI: 093
71. Bank INA Perdana: 513
72. Bank Index Selindo: 555
73. Bank Indomonex: 498
74. Bank Internasional Indonesia: 016
75. Bank Jasa Arta: 422
76. Bank Jasa Jakarta: 472
77. Bank Keppel Tatlee Buana: 053
78. Bank Kesawan: 167
79. Bank Kesejahteraan Ekonomi: 535
80. Bank Lippo: 026
81. Bank Mandiri: 008
82. Bank Maspion Indonesia: 157
83. Bank Mayapada Internasional: 097
84. Bank Maybank Indocorp: 947
85. Bank Mayora: 553
86. Bank Mega: 426
87. Bank Merincorp: 946
88. Bank Mestika Dharma: 151
89. Bank Metro Express: 152
90. Bank Mitraniaga: 491
91. Bank Mizuho Indonesia: 048
92. Bank Muamalat Indonesia: 147
93. Bank Multi Arta Sentosa: 548
94. Bank Multicor: 036
95. Bank Negara Indonesia: 009
96. Bank Niaga: 022
97. Bank NISP: 028
98. Bank Nusantara Parahyangan: 145
99. Bank OCBC Indonesia: 948
100. Bank Permata: 013
101. Bank Persyarikatan Indonesia: 521
102. Bank Purba Danarta: 547
103. Bank Rabobank Internasional Indonesia: 060
104. Bank Rakyat Indonesia: 002
105. Bank Resona Perdania: 047
106. Bank Royal Indonesia: 501
107. Bank Shinta Indonesia: 153
108. Bank Sinar Harapan Bali: 564
109. Bank Sri Partha: 466
110. Bank Sumitomo Mitsui Indonesia: 045
111. Bank Swadesi: 146
112. Bank Swaguna: 405
113. Bank Syariah Mandiri: 451
114. Bank Syariah Mega Indonesia: 506
115. Bank Tabungan Negara: 200
116. Bank Tabungan Pensiunan Nasional: 213
117. Bank UIB: 536
118. Bank UOB Buana: 023
119. Bank UOB Indonesia: 058
120. Bank Victoria International: 566
121. Bank Windu Kentjana: 162
122. Bank Woori Indonesia: 068
123. Bank Yudha Bhakti: 490
124. Bank Centratama Nasional: 559
125. Bank Halim Indonesia: 164
126. Bank ING Indonesia: 034
127. Korea Exchange Bank Danamon: 059
128. Bank Liman International: 526
129. Bank PAN Indonesia: 019
130. Bank Prima Master: 520
131. Bank Standard Chartered: 050
132. The Bangkok Bank Comp: 040
133. The Bank Of Tokyo Mitshubisi UFJ: 042
134. HSBC: 041

Catatan : Untuk kode cabangnya silahkan tanya ke Customer Service masing-masing bank. Ingat kode cabang adalah 4 digit. Jika CSnya memberikan 2 digit atau 3 digit maka tambahkan saja angka nol didepannya untuk menggenapkan menjadi 4 digit. Sebagai contoh, kode cabang bank anda adalah 59 maka tambahkan saja dua nol didepannya menjadi 0059.

Contohnya : Untuk BCA bisa dilihat di: http://www.klikbca.com/individual/silver/network.html

Nomor account BCA = 4560717xxx
Bank Code = 014
Branch Code = xxxxx
SWIFT CODE "BIC" = CENAIDJA
Bank Name = Bank Central Asia

Sumber: abahtips.blogspot.com

Cara Memproteksi (Mengunci) File dalam Folder dengan Winrar

Winrar merupakan sebuah software komputer yang digunakan untuk mengkompresi file atau folder sehinga menjadi ukuran yang lebih kecil, selain itu winrar juga berfungsi untuk melindungi file kita dari serangan virus, karena berdasarkan pengalaman saya file setup akan rusak atau hilang jika terkena virus, akan tetapi file yang berada pada winrar akan tetap aman dan tidak hilang.

Winrar merupakan software multi fungsi yang sangat membantu untuk mengamankan file atau folder anda. Winrar juga bisa digunakan untuk mengunci folder sehingga folder tidak akan dibuka jika orang tidak mengetahui password yang digunakan. Untuk mengunci folder/ folder lock menggunakan winrar berikut langkah-langkah yang paling mudah.

1. Pilih folder yang akan dikunci.

2. Klik kanan folder yang akan dikunci, kemudian pilih add to archive

3. Kemudian akan muncul menu winrar, seperti pada gambar dibawah ini.

4. Selanjutnya pilih advance pada menu bar, kemudian klik set password.

5. Masukan password kemudian klik OK. Setelah itu, klik OK lagi untuk compres file.

Kini, file di folder anda sudah aman dari orang jahil yang suka melihat file milik orang lain.

Sumber: http://tutorial-mj.blogspot.com

Mendibud: Kinerja Guru Menjadi Penentu Besaran Tunjangan Profesi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan penilaian kinerja dan kompetensi guru harus menjadi syarat utama dalam pemberian tunjangan profesi. Itu sebabnya diperlukan mekanisme pengawasan dan penilaian yang handal dan akurat, sehingga penilaian tersebut adil dan bermartabat.
"Kinerja guru perlu sejalan dengan kompetensi guru, sertifikasi guru, dan penghargaan yang diberikan kepada guru. Untuk mendorong kinerja guru, pemerintah menetapkan bahwa penilaian kinerja dan kompetensi guru harus menjadi syarat pemberian tunjangan profesi," ujar Menteri Anies, Rabu (26/8).

Anies menambahkan, Kemdikbud bekerja sama dengan Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penganggulangan Kemiskinan (TNP2K) telah melakukan ujicoba program Kinerja dan Akuntabilitas Guru (KIAT Guru).

Program ini dilakukan dalam rangka membangun perangkat kebijakan untuk mengaitkan pembayaran tunjangan guru dengan kinerja guru serta melibatkan masyarakat dalam peningkatkan layanan pendidikan.

Dalam ujicoba yang dilakukan, ada tiga kabupaten yang diajak bekerja sama, yaitu Kabupaten Kaimana, Ketapang, dan Keerom. Pendekatan yang dilakukan oleh KIAT Guru adalah memperbaiki mekanisme dan transparansi pembayaran tunjangan guru di tiga kabupaten tersebut, dan dikaitkan dengan keberadaan dan kualitas pelayanannya.
"Melalui KIAT Guru, ada tiga instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur kinerja layanan guru. Pertama, menggunakan aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan untuk mendata kehadiran guru dan murid secara akurat," ulasnya.

Kedua, instrumen untuk mendiagnosa dengan cepat kemampuan dasar para peserta didik dalam literasi dan numerasi dasar peserta didik. Hasil pemetaan kemampuan dasar murid secara sederhana, lanjutnya, memungkinkan masyarakat untuk mengetahui sejauh mana capaian murid-murid di desa mereka dibandingkan dengan standar capaian Kurikulum 2006.

Ketiga, instrumen yang memungkinkan masyarakat menilai kinerja layanan guru berdasarkan 5-8 indikator, yang secara sederhana menuntut peningkatan kompetensi guru dalam hal profesionalitas, pedagogik, sosial, dan kepribadian guru.

Instrumen tersebut dituangkan dalam Formulir Penilaian Layanan yang diisi dan dilengkapi setiap bulan oleh Komite Pengguna Layanan yang terdiri dari perwakilan orang tua siswa, tokoh agama dan masyarakat, dan anggota masyarakat lainnya.
"Ketiga instrumen tersebut digunakan sebagai perangkat kebijakan untuk mengaitkan pembayaran tunjangan dengan kinerja layanan guru dan untuk meningkatkan akuntabilitas guru kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang telah diadaptasikan untuk bidang pendidikan. Rencananya, ujicoba akan mulai dilakukan pada pertengahan tahun 2016," pungkasnya.

Sumber: jpnn

Heboh Ada Orang yang Bernama Tuhan dan Saiton

Setelah pria bernama Tuhan, kini giliran pria bernama Saiton yang menghebohkan dunia maya. Saiton adalah warga Lebong Siarang, Sukajaya, Palembang, Sumatera Selatan.

Berdasarkan penelusuran, pemilik akun @LuciaRetnoo, misalnya, membandingkan dua nama unik tersebut.

"Kmaren di Banyuwangi ada yg namanya Tuhan, skrng di Palembang ada yg namanya Saiton," tulisnya.

Hal serupa juga dilontarkan oleh pemilik akun @4d_h1m.

"Nama orang aneh2, ada yg namanya tuhan, ada juga yang namanya saiton," tulisnya.

Fenomena nama Tuhan dan Saiton turut dikomentari dosen Filsafat Universitas Indonesia (UI), Rocky Gerung, di akun Twitter-nya, @rockygerung.

"Tuhan. Saiton. Usilitas," tulisnya.

Guru bergelar magister

Ketika ditemui, Kamis (27/8/2015), Saiton mengaku bahwa dirinya menyadari nama yang diberikan oleh orangtuanya menimbulkan persepsi sosok yang menyeramkan dan jahat di pikiran orang lain.

"Nama boleh seram, tetapi sifat janganlah seperti itu," ujarnya bercanda.

Berdasarkan data di kartu pengenalnya, Saiton sehari-hari bekerja sebagai guru. Selain itu, dia memiliki gelar MSi atau magister sains.

Hal ini terlihat dalam kehidupannya sehari-hari. Saiton taat melakukan ibadah. Ketika azan dzuhur berkumandang siang ini, misalnya, Saiton langsung bergegas menuju mushala di SMK Bimtek.

"Nanti ya, saya shalat dulu ya," katanya.

Sumber: Kompas

Dampak Negatif Orangtua yang Panik saat Anak Ujian Matematika

Sebuah studi yang dipublikasikan Psychological Science di University of Chicago, menemukan bahwa orangtua yang sering panik menjelang anak hadapi ujian matematika, justru membuat hasil ujian sang buah hati anjlok. Apa pasal?

Menurut ketua penelitian, Erin A. Maloney, menemukan bahwa rasa panik dan ketakutan orangtua bisa menular pada anak. Biasanya, kekhawatiran orangtua lebih tinggi saat periode ujian sekolah. Sebab, orangtua tentu selalu ingin agar anak mereka mendapatkan nilai terbaik di sekolah.

Oleh karena itu, Maloney menyarankan agar orangtua yang cenderung panik terkait ujian matematikan yang dilakukan anak di sekolah, sebaiknya jangan turut membantu anak belajar, kecuali orangtua bisa mengatur tingkat kepanikannya itu dengan baik.

Hasil studi Maloney menjelaskan, rasa panik orangtua ini terlihat saat sedang membantu anak belajar. Orangtua jadi lebih galak dan obsesif, tanpa disadari cara ini berakibat buruk pada psikologis anak.

Sebanyak 400 anak murid diteliti oleh Maloney dan rekan. Hasilnya ditemukan bahwa anak yang mendapatkan nilai matematika tinggi, mengaku bahwa orangtua mereka membantu mereka belajar dengan cara menyenangkan dan santai. Sebaliknya, responden anak yang memperoleh nilai rendah pada ujian matematika, mengatakan bahwa mereka memiliki rasa takut saat hari ujian karena malam sebelumnya orangtua sudah “menakuti-nakuti” dan cenderung lebih pemarah saat sedang menemani belajar matematika.

Selain itu, Maloney juga mengatakan rasa gelisah dan panik orangtua ini, tak berpengaruh hanya sat anak ujian matematika tetapi juga membentuk karakter anak menjadi lebih pasif dan mudah takut terhadap tantangan akademis lainnya.

Sumber: Kompas

Hati-hati Memilih dan Mengisi BBM di SPBU

INILAH CARA CERDAS MENGISI BENSIN DI SPBU DI NEGARA NEOLIBERAL INI

Di era sekarang ini semua barang barang mahal. Termasuk bahan bakar. Bahan bakar semakin mahal, maka jadilah konsumen yang cerdas agar tidak semakin dirugikan.
TIPS MEMILIH SPBU
Lebih baik mengisi bensin di SPBU milik Pertamina yang berkode angka 31 di awal, atau (digit kedua angka 1).
Tiap SPBU memiliki kode depan masing 2. Bagaimana cara
mengetahuinya?
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf 31.XXXXX atau
34.XXXXX. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah dan angka kedua mengandung arti kepemilikan.
Angka 3 di awal berarti SPBU berada di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalau angka di awal 5 untuk SPBU yang berada di wilayah Surabaya.
Digit kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti kepemilikan swasta. Jadi yang penting angka keduanya adalah 1 (satu), tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu hanya kode wilayah
Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU.
1. COCO alias corporate owner corporate operate,
2. CODO yakni corporate owner dealer operate.
3. DODO, dealer owner dealer operate. Ini berdasar pada situs spbu.pertamina.com.
Karena dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. Maka lebih disarankan untuk mengisi bensin di SPBU milik Pertamina (angka keduanya harus 1) karena quality controlnya
cukup bagus. Baik keakuratan takaran maupun kualitas BBM akan lebih terjamin.
Jika ingin mencoba membuktikan, isilah kendaraan anda dengan BBM di dua SPBU yang berbeda kode (huruf kedua 1 dan 4) di hari yang berbeda. Jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan BBM dari SPBU dengan tanda kode lainnya.
Coba anda isi tanki motor anda sebanyak 1 liter bensin di SPBU berkode 31 (Angka Kedua 1) dan SPBU berkode 34. Bandingkan dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).
Memang tidak semua SPBU pertamina yang dimiliki swasta berlaku curang, namun dari banyak kasus membuktikan adanya perbedaan baik secara kuantitas maupun kualitas. Pengurangan takaran dan mengoplos BBM mungkin saja dilakukan demi
mengejar keuntungan yang berlipat.
TIPS LAINNYA
1. Saat mengisi bensin minta kepada petugasnya agar tuas handle selang jangan ditekan tapi dilepas saja ketika mengisi tanki kendaraan. Pernahkah anda sewaktu ngisi bensin, tuasa handle ditekan tekan oleh petugasnya? kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan teknik seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya. Jika anda melihat aksi tersebut saat mengisi bensin, tegurlah petugasnya.
2. Isilah bensin ketika hari masih pagi dan temperatur tanah masih dingin Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan memuai.
Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari..
Sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam business ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena temperatur.
3. Isi bensin saat tanki kendaraan anda masih setengah penuh
Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang
mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
4. Jangan isi bensin ketika ada truk tanki sedang mengisi tanki penyimpanan. Hampir pasti bensin atau solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
TIPS PENTING LAINNYA
Sering kita dengar waktu mengisi BBM petugas POM dengan manisnya bilang "dari nol ya mas/mbak"
Oke, tapi coba perhatikan baik2. Argonya bisa cepet banget lho...
Bahkan saking cepatnya bukannya malah kaya argo berjalan tapi kaya argo kedip-kedip doang pergaris-garis angkanya -,-
Kalau itu terjadi, bilang saja sama petugasnya "mas, speed 1 aja dan tolong gagangnya dilepas". Bisa dipastikan jalannya argo akan normal. Teorinya begini,
1. Argo cepat itu tidak bagus, karena yang keluar angin, selisih bisa 2-5 liter. Bayangkan kita rugi berapa. Kalau isi bensin motor mungkin tidak begitu terasa, tapi kalau mobil yang sudah ratusan ribu keatas lebih dikhawatirkan lagi mereka "bermain" disitu.
2. Sekali lagi gagang/tuas dipegang itu juga tidak bagus, karena dia bisa ngatur speed semprotan bensinnya. Speed terdiri dari 3 gigi. Makin tinggi makin cepat. Maka dari itu mintalah pada petugas supaya speed 1 dan gagang/tuas nya dilepas". Kalo ada petugas yang marah atau semisalnya dengan saran kita. Segera laporkan pada PERTAMINA atau tinggalkan isi bensin disana lagi...
Share informasi ini seluas luasnya agar banyak orang yang tahu.

Sumber: facebook

Tips dan Trik Menjaga Mobil Agar Tetap 'Awet Muda'

Apa tipe mobil impian Anda? Jenis sedan, hatchback, SUV, atau mobil sport? Lalu, bagaimana perasaan Anda, jika setelah bersusah payah mendapatkan mobil impian, tiba-tiba hanya dalam waktu kurang dari satu tahun warna cat mulai kusam karena cuaca ekstrim? Atau, kerutan di badan mobil mulai terlihat karena sering baret saat berkendara?

Perawatan kendaraan secara berkala memang wajib dijadikan agenda rutin. Contohnya, mengganti oli, tune up, cek elektrikal, rem, dan suspensi mobil.

Namun, tampilan luar mobil juga penting diperhatikan agar tetap mulus dan cantik. Jadi, saat mulai melirik tipe mobil baru, harga jual mobil Anda tetap bersaing. Nah, perawatan sederhana berikut ini akan membuat tampilan mobil tetap awet muda:

Berlindung dari sinar matahari

Saat ini, suhu Jakarta di siang hari bisa mencapai 35 derajat celcius. Bila mobil sering terkena paparan langsung panas matahari setinggi itu, warna cat jadi terlihat kusam. Lalu, pada bagian mobil berlapis karet, termasuk karet wiper, akan mudah robek dan tidak elastis lagi.

Karena itu, biasakan memarkir mobil di tempat teduh. Penggunaan penutup mobil belum tentu secara maksimal dapat menghindari efek sinar matahari.

Namun, jika terpaksa parkir di ruang terbuka, pastikan untuk menegakkan batang wiper agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca. Ini berguna agar karet wiper tidak mengeras atau menjadi tidak rata karena menempel pada kaca yang panas.

Jangan lupa, lapisi kaca mobil dengan kaca film anti sinar ultraviolet. Walau sedikit lebih mahal, kaca film jenis ini mampu mengurangi efek negatif sinar matahari ke dalam bagian kabin mobil.

Adapun untuk perawatan badan mobil, ada baiknya Anda secara rutin memoles bodi di salon mobil. Cara ini bisa membuat cat mobil lebih awet karena memiliki lapisan pelindung. Jangan khawatir, saat ini banyak paket perawatan mobil hemat sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Agar tak lupa jadwal rutin perawatan mobil, ada baiknya mencoba aplikasi pengingat otomatis di ponsel Anda. Contohnya, aplikasi gratis Garda Mobile Otocare yang dapat diunduh siapapun dari Play Store atau App Store.

Aplikasi garapan Asuransi Astra ini memiliki fitur “remainder” untuk jadwal perawatan mobil, perpanjangan STNK dan SIM, juga tanggal jatuh polis asuransi.

Selain itu, Anda juga dapat mencatat pengeluaran bensin dan servis pada fitur “track fuel” dan “service expenses”. Evaluasi kinerja dan biaya mobil kesayangan jadi lebih mudah.

Jamur di musim Hujan

Pada dasarnya, jamur timbul karena bekas bercak air kotor menempel di badan mobil. Bercak ini kemudian mengering dan menjadi lahan subur bagi jamur.

Selain perawatan berkala, perlindungan sehari-hari pun perlu dilakukan.
Sebaiknya, cuci bersih badan mobil tiap sehabis terkena hujan. Cukup bilas dan keringkan bodi dengan plas chamois. Namun, jika sedang merasa malas, Anda bisa datang langsung ke tempat pencucian mobil.

Untuk melindungi ruang dalam kabin dari jamur, lapisi lantai mobil dengan koran bekas. Jadi, ketika alas kaki basah karena hujan, Anda bisa tetap masuk tanpa membasahi lantai mobil.

Melindungi sepenuh hati

Perawatan berkala telah masuk jadwal. Perlindungan sehari-hari pun sudah dilakukan. Namun, kejadian tak terduga bisa saja tiba-tiba terjadi, misalnya banjir, pencurian, atau kecelakaan.

Asuransi adalah pilihan tepat. Dengan mengasuransikan sesuai kebutuhan, Anda telah melindungi mobil kesayangan secara menyeluruh. Biaya perbaikan mobil yang mendadak dan mahal pun bisa dihindari.

Namun, jika tak punya banyak waktu luang mencari informasi. Anda bisa mampir ke gerai asuransi mobil di mal-mal tertentu sambil menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga.

MENGENALI MOBIL ANDA SENDIRI dan MELAKUKAN RITUAL BULANAN pada mobil Anda.

I. MENGENALI MOBIL ANDA SENDIRI, dapat dimulai dari: jenis mobil Anda, merk, pabrik pembuat, tahun produksi, spesifikasi teknis, features khusus, kelebihan dan kekurangannya, dll. Semua bahan pengetahuan ini dapat Anda peroleh dari; pengalaman sendiri, pengalaman orang lain, komunitas (bila ada), gosip-gosip, buku manual, brosur-brosur, katalog, mass media, internet, dll. Dari pengetahuan yang telah didapat, maka Anda akan lebih memahami cara bersikap dan memperlakukan mobil Anda secara lebih baik dan benar serta efisien.

Misal:

TOYOTA KIJANG INNOVA 2005
Mobil Anda berjenis MPV, merk TOYOTA KIJANG INNOVA tipe G - M/T, buatan pabrik lokal TMMIN, tahun 2006, spesifikasi teknisnya; mesin bensin 2lt, fuel injection, manual transmission 5T (5 percepatan), berpenggerak roda belakang, rem depan cakram (tanpa ABS), rem belakang tromol, per suspensi depan dan belakang sudah menggunakan per keong (ulir), semua kaca lampu terbuat dari plastik mika, kaca depan tanpa kaca film, dll. Features yang ada; ada sensor parkir mundur, wiper kaca belakang, hydraulic power steering, central lock, power window, kunci kontak dengan immobilizer, dll.

Dari data dan keterangan yang ada, maka mobil yang Anda miliki berkarakter, sbb:

Mobil MPV memiliki ground clearence tinggi, yang berarti lebih cocok untuk semua kondisi jalan (mulus, rusak s/d rusak parah) dan lebih leluasa dalam melintasi banjir.
Merk TOYOTA merupakan merk terkenal berkelas dunia, yang berarti terjamin secara kualitas dan handal.
Buatan pabrik lokal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Meskipun dibuat di dalam negeri, secara kualitas tidak kalah dari buatan negara aslinya, Jepang. Hal ini dapat dibuktikan, bahwa produk ini sudah berhasil dipasarkan ke seluruh dunia (produk ekspor), dimana makin hari pasarnya semakin terus berkembang pesat.
Buatan tahun 2006, berarti sudah 6 tahun pakai (saat ini 2012) dan masih tergolong usia muda dalam hal pemakaian. kondisi sehat atau tidaknya tergantung bagaimana perawatannya dan cara pemakaiannya.
Mesin bensin 2lt, berarti tenaganya cukup besar sesuai dengan jenisnya, MPV. Mengingat besarnya mesin, maka jangan terlalu berharap bahwa BBM-nya irit.
Mesin yang dilengkapi sistem BBM fuel injection, berarti semua pengaturannya sudah dikendalikan oleh komputer / computerized, dalam hal ini ECU. Jadi mobil Anda tidak perlu ada tune-up lagi seperti mobil lawas dengan karburator. Anda tinggal menjaga kebersihan filter udara dari endapan debu atau kotoran lainnya, itu saja. Enak kan?
Manual transmission 5T, berarti mobil ini memiliki kelebihan dalam hal akselerasi spontan, tetapi meskipun begitu pemakaiannya harus benar, yaitu: hindari selalu pemakaian setengah kopling, terutama di jalan tanjakan (baca: Tips & Trick Sederhana Menaklukkan Tanjakan), gigi rendah 1 / 2 digunakan saat menanjak atau bergerak langsam, gigi tinggi 3 / 4 / 5 digunakan pada jalan datar pada kecepatan sedang s/d tinggi.
Note:
Hindari selalu atau hentikan kebiasaan "menyiksa" mesin mobil Anda dengan pemilihan gigi transmisi yang salah, misal bergerak langsam atau menanjak dengan gigi 3 / 4 / 5!


ATLIT LOMPAT GALAH
Berpenggerak roda belakang (RWD), berarti tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui gardan (transmission axle), yang di dalamnya terdapat universal joint. Meskipun jenis MPV cocok untuk melibas banjir (baca: Tips & Trik Cara Aman Melibas Banjir), tetapi jangan terlalu sering melakukannya. Universal joint yang sering terendam air banjir, cepat atau lambat, akan kehilangan pelumasnya (gemuk / stem fet / grease) dan segera aus. Sambungan gardan yang aus, rawan lepas / copot mendadak saat mobil sedang melaju kencang. Hal ini bisa membuat mobil segera terjungkal berguling-guling, seperti aksi atlit lompat galah!

Rem depan cakram akan memberikan daya pengereman yang lebih bagus. Tanpa teknologi ABS, berarti rem rawan terkunci (lock) saat pengereman mendadak (panic brake). rem yang terkunci membuat mobil bergerak liar dan sulit dikendalikan dan akhirnya bergerak keluar jalur (tergelincir), terutama di jalan licin / basah.
Rem belakang tromol akan memberikan daya pengereman sedikit dibawah rem cakram. Dibandingkan rem cakram, rem tromol akan kehilangan daya pengeremannya beberapa saat setelah terendam air pada waktu melibas banjir.
Note:
Keawetan kampas rem (brake pad) baik untuk tipe cakram maupun tromol bersifat relatif, tergantung cara pemakaian dan gaya mengemudi mobil Anda. Kampas rem mobil saya sendiri masih berfungsi baik setelah lebih 7 tahun beroperasi (+ 300,000 KM) dan ganti kampas rem baru karena mobil tersebut akan saya jual.

Khusus untuk brake pad ini, saya sarankan gunakan produk genuine meskipun harganya mahal, tapi lebih pakem, lebih awet dan tidak merepotkan dalam jangka panjang. Beda dengan yang non genuine, cepat atau lambat akan segera mengeras! Diikuti dengan daya pengereman yang turun drastis, timbulnya bunyi-bunyian mencicit yang memekakkan telinga dan yang tidak kalah mengenaskan cakram besi rem bisa terkikis menjadi lebih tipis. Bila hal ini terjadi, maka mau tidak mau dan suka tidak suka, maka Anda harus mengganti keseluruhan unit pengereman ini dengan merogoh kantong Anda dalam-dalam. Harganya sangat mahal!
Per suspensi depan dan belakang sudah menggunakan per keong (ulir), berarti faktor kenyamanan mobil sudah lebih diperhatikan oleh pabrikan. Kekurangan pemakaian per ulir ini yaitu daya beban yang bisa ditanggung kendaraan menjadi jauh berkurang, bila dibandingkan per rancangan semula yaitu per daun. Pembebanan berlebihan pada mobil akan menyebabkan: mobil menjadi mudah oleng sulit dikendalikan dan batas kecepatan maksimum-nya menjadi jauh berkurang.

Demikian dan seterusnya.



TANPA BAKAR MENYAN!
II. MELAKUKAN RITUAL BULANAN pada mobil Anda, bukan berarti Anda harus bakar-bakar menyan atau hio serta mengucapkan mantra-mantra khusus agar mobil Anda bisa tampil awet muda serta bebas dari gangguan jin atau setan, haha. Melainkan kebiasaan rutin yang harus Anda kerjakan pada mobil Anda dengan tujuan agar bisa selalu tampil awet muda, dapat tercapai.

Soal kapan dan waktu ritual, semuanya terserah Anda, asalkan dilakukan secara rutin setiap bulan Terbaik memilih waktu yang mudah diingat, misal acara ritual Anda lakukan rutin setiap bulan setiap habis gajian. Adapun acara ritual itu, meliputi:

Memeriksa ketinggian oli mesin, cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya sampai batas normal kembali. Bila oli sudah menghitam dan mengental serta sudah mencapai batas waktu untuk ganti oli, jangan buang waktu segera tap dan isi ulang oli dengan yang baru, bila perlu ganti oil filter dengan yang baru juga.
Note:
Batas ganti oli mineral: + 2,500 KM jarak tempuh.
Batas ganti oli semi synthetic: + 5,000 KM jarak tempuh.
Batas ganti oli fully synthetic: + 7,500 KM jarak tempuh.
Batas ganti oil filter, setelah pemakaian 2X ganti oli.
Cara paling mudah untuk mengingat kapan harus mengganti oli mesin, yaitu dengan melakukan RESET pada sub odometer setiap kali ganti oli baru. Lalu ketika KM jarak tempuh sudah terpenuhi, maka jangan menunda waktu untuk segera mengganti oli mesin mobil Anda.



MENU ACARA RITUAL BULANAN.

WARNING!
Oli mesin yang terlambat diganti, akan mengental sehingga kecepatan bersirkulasinya semakin menurun. Hal ini tentu akan merusak mesin dalam waktu singkat. Dinding-dinding silinder akan banyak tergores, demikian pula seal-seal batang klep menjadi aus, yang ditandai dengan keluarnya asap tebal putih mengebul secara ekstrim dari lubang knalpot. Kalau hal ini terjadi, maka mesin mobil Anda, suka tidak suka, terpaksa harus turun mesin untuk over haul dan? Beribu rasa penyesalan dan kesedihan akan segera melanda diri Anda. GALAU HABIS... mengingat biayanya sangat mahal, waktu pengerjaannya sangat lama dan setelah beres belum tentu mesin mobil Anda akan kembali bugar seperti sedia kala.


Memeriksa ketinggian oli transmisi (MT / AT), cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya sampai batas normal kembali. Bila oli sudah menghitam dan mengental serta sudah mencapai batas waktu untuk ganti oli, jangan buang waktu segera tap dan isi ulang oli dengan yang baru. Untuk pekerjaan ini lebih baik dilakukan di bengkel kepercayaan langganan Anda.
Note:
Batas ganti oli transmisi MT: + 90,000 KM jarak tempuh.
Batas ganti oli transmisi AT: + 20,000 KM jarak tempuh. Khusus oli transmisi AT harus dikuras habis setiap + 80,000 KM jarak tempuh. Jangan lupa untuk mengisi oli transmisi AT ini sesuai spesifikasi pabrik pembuatnya.

Memeriksa ketinggian air aki, bila mobil Anda masih menggunakan aki basah, maka cek apakah ketinggian air akinya masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya, dengan air murni (destilated water) bukan accu zuur (asam sulfat / H2SO4), sampai batas normal kembali. Berkurangnya air aki dapat merusak / memperpendek umur aki. Aki yang kekurangan cairan menyebabkan bodinya menggembung karena kepanasan, selain itu sel-sel kutubnya juga akan rontok kepanasan. Jangan lupa cek pula kekencangan kabel utama positif dan negatif aki, serta plat pengikatnya.
Note:
Batas umur aki branded di Indonesia: rata-rata + 2 tahun pada pemakaian beban normal.
Mengganti aki tipe basah lama dengan aki tipe kering bebas perawatan (maintenance free) akan bisa menghapus ritual yang satu ini.
Kondisi kabel utama positif / negatif aki yang kendor, berpotensi mengganggu proses charging aki. Pengisian aki akan tekor terus.
Kondisi plate pengikat aki yang kendor, membuat aki akan bergerak kemana-mana dan cepat atau lambat akan memutuskan kabel utama positif / negatif aki.
Bila ada endapan kristal garam di area sekitar kutub-kutub aki, segera bersihkan, karena sifat korosifnya, cepat atau lambat, akan merusak part / komponen lain yang terbuat dari besi. Sangat riskan bila yang terkena adalah bagian frame mobil. Frame mobil yang berkarat akan mengurangi soliditas struktur bodi mobil yang berakibat banyak pada stabilitas mobil.

Memeriksa kondisi air filter. Cek bila kondisi air filter sangat kotor berdebu, maka segera bersihkan dengan semburan udara kompressor. Atau dapat Anda lakukan sendiri dengan mengketok-ketokan secara berulang-ulang air filter ke lantai sampai endapan debu dan kotorannya rontok semuanya, sisanya dapat Anda bersihkan dengan bantuan kuas cat dan pengisap debu.
Note:
Batas umur air filter genuine: + 20,000 KM jarak tempuh.
Air filter yang sudah kotor, menyebabkan tarikan mesin agak loyo, suara mesin menjadi kasar dan konsumsi BBM menjadi lebih boros

Memeriksa cairan minyak rem. Cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya, dengan spesifikasi yang sama, sampai batas normal kembali
Note:
Khusus braking system yang sudah aplikasi ABS, pengurasan minyak rem secara total tidaklah perlu dilakukan, mengingat systemnya yang sangat rumit dan tertutup.
Apabila terpaksa harus dikuras habis, maka harus dilakukan di bengkel yang sudah ahli dan biasa menangani braking system dengan ABS. Agar setelah pekerjaan selesai ABS dapat tetap berfungsi normal.

Memeriksa cairan oil power steering (bila ada). Cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya, dengan spesifikasi yang sama, sampai batas normal kembali
Note:
Batas umur oil power steering: + 25,000 KM jarak tempuh.
Biasakan untuk meluruskan roda depan dulu sebelum mematikan mesin mobil Anda yang kebetulan memakai power steering tipe hydraulic ini.

Memeriksa isi tabung air wiper. Cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya.
Note:
Terbaik gunakan air minum mineral tanpa campuran / tambahan cairan pembersih apapun.
Sifat air mineral tidak mudah berlumut, sehingga sangat ideal untuk menjadi penghuni tabung air wiper mobil Anda, ditambah lagi bentuk tabung air wiper mobil sekarang bentuknya unik, tidak sekedar berbentuk kotak atau tabung sederhana. Jadi Anda tidak perlu kuatir tumbuh lumut di dalam tabung semisalnya air wiper jarang digunakan dalam jangka waktu lama, terutama di saat-saat musim kemarau.
Lumut yang timbul akibat pemakaian air biasa sangat rawan menyumbat nozzle wiper.

Memeriksa cairan radiator (coolant). Cek apakah masih dalam batas normal atau sudah berkurang. Jika berkurang tambahkan isinya, dengan spesifikasi yang sama, sampai batas normal kembali. Selain itu periksa kebersihan kisi-kisi radiator. Bila terdapat daun, potongan kertas / plastik, bangkai serangga, dll. segera bersihkan dengan sebatang lidi diikuti semprotan ringan air.
Note:
Ketinggian cairan radiator harus di cek dalam keadaan mesin hidup, bila tidak maka akan terlihat seolah-olah air dalam tabung reservoir sudah dibawah normal.
Karena sirkulasi cairan radiator mengikuti system yang tertutup, maka berkurangnya cairan ini sangat jarang terjadi. Selain itu cairan ini tidak perlu dikuras-kuras segala, kecuali dalam kondisi tertentu, misal radiator bocor setelah mengalami tabrakan.

Memeriksa electric fan radiator (engine & AC unit). Cek apakah masih beroperasi normal saat mesin dan AC dihidupkan dan telah mencapai suhu tertentu. Bila malfunction atau rusak, segera ganti dengan part genuine yang baru.
Note:
Kerusakan pada electric fan dapat menyebabkan pendinginan mesin dan AC berkurang drastis.
Pendinginan mesin dan AC yang abnormal, ditandai dengan timbulnya suara dengungan electric fans yang sangat keras dan kasar.

Memeriksa semua lampu-lampu dan electrical system. Cek apakah: lampu eksterior (head lamp, dusk lights, fog lamp, hi beam, winker lamp, stop lamp, plate number lamp, reverse lamp, high mounted lamp), lampu interior (cabin light, reading lamp, dan lampu-lampu lainnya, AC, Head Unit, Satnav, kibasan wiper dll.), masih berfungsi normal. Bila ada yang putus atau malfunction, segera ganti dengan yang baru atau diperbaiki, mengingat kerusakan yang terjadi akan merembet mempengaruhi kinerja peralatan yang lain.
Note:
Khusus wiper, cek pula kekerasan karet penghapus kacanya. Bila sudah mengeras / "mati" akan timbul suara kasar / gemeretak pada kaca depan saat dioperasikan.
Karet wiper yang sudah "mati", berpotensi mengikis habis kaca depan. Hal ini ditandai dengan garesan melingkar merata di kaca depan. Untuk itu ganti segera dengan yang karet wiper baru genuine agar tidak merepotkan nantinya.
Bila kekenyalan karet wiper masih bagus, cek pula apakah ada garis-garis halus melingkar saat wiper dioperasikan. Bila ada, ini berarti tepian permukaan karet wiper sudah ada yang sobek atau tercabik halus. Untuk itu ganti segera dengan yang karet wiper baru genuine agar tidak merepotkan nantinya.
Nozzle wiper rawan mengalami buntu dan berubah arah semprotannya, untuk itu cek juga arah dan daya semprot nozzle wiper.
Selokan di area wiper, jangan lupa dibersihkan dari kotoran daun-daun kering yang berpotensi menyumbat saluran drainage serta menyebabkan karat di area itu.

Memeriksa tekanan angin semua ban, termasuk ban cadangan. Cek apakah masih dalam batas standart pabrikan (baca juga: Tips & Trik Pentingnya Mematuhi Standart Tekanan Angin Ban). Jika ada yang berkurang tambahkan tekanannya dengan mini compressor yang ada.
Note:
Bila ada tekanan angin ban yang mengalami penurunan secara ekstrim di bawah standart, berarti ada kebocoran. Untuk itu segera bawa mobil Anda ke tukang tambal ban langganan untuk memperbaikinya, agar tidak merepotkan Anda nantinya.
Tekanan angin ban standart #1: + 30 PSi, untuk beban normal.
Tekanan angin ban standart #2: + 32 PSi, untuk beban berlebihan.

Dan lain-lain.

Sebenarnya menu acara ritual ini dapat Anda tambahkan lagi sendiri sesuai kebutuhan, misalnya dengan mencuci eksterior, interior dan engine, dll.

Dengan melakukan acara ritual di atas secara rutin, disiplin dan penuh ketekunan, maka dapat dijamin mobil Anda akan selalu TAMPIL AWET MUDA! Tidak heran bila berhasil mengundang apresiasi dan decak kagum dari pengendara-pengendara lain. Semoga.

Sumber: Kompas, tipsandtrik

Benang Kusut Sepakbola Indonesia: Dualisme Persebaya

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya mengeluarkan izin rekomendasi kepada Mahaka Sports and Entertainment untuk peyelenggaraan Piala Presiden. Namun, BOPI meminta agar Persebaya Surabaya mengubah namanya.

CEO Hasani Abdul Gani mengatakan bahwa setelah izin rekomendasi keluar, Mahaka langsung berkoordinasi dengan pihak Kepolisian. Namun, Hasani mengatakan bahwa ada permintaan dari BOPI terkait dua peserta Piala Presiden yang selama ini menjadi permasalahan, yakni Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Keduanya diminta mengubah namanya, khusus untuk Piala Presiden.
"Persyaratannya Arema tidak boleh memakai Arema Indonesia. Sementara Persebaya harus ada nama tambahan di belakangnya."

Persebaya disebut-sebut bakal menjadi Persebaya United. Akan tetapi Hasani menegaskan keputusan menambah nama atau menganti nama Persebaya diserahkan kepada Manajer Gede Widiade dan BOPI.
"Mereka nantinya yang akan memutuskan nama itu. Semoga ini menjadi solusi terbaik,"

Sementara itu Sekjen BOPI Heru Nugroho tak menampik jika Persebaya akan berubah nama menjadi Persebaya United. Hal itu dilakukan agar tidak memunculkan polemik (Sumber)

Sebelumnya, keikutsertaan Persebaya Surabaya versi PT Mitra Muda Inti Berlian di Piala Presiden membuat kelompok suporter, Bonek 1927, protes. Mereka menegaskan menolak penyelenggaraan turnamen jika tim tersebut tetap diikutkan.
Persebaya memang dicantumkan sebagai salah satu peserta Piala Presiden. Mereka tergabung di Grup A bersama Persib Bandung, Persiba Balikpapan, dan Martapura FC.

Keputusan ini ditanggapi Bonek dengan protes lewat pernyataan resmi. Dalam surat yang dikirimkan ke Mahaka Sports and Entertainment selalu penyelenggara turnamen dan ditembuskan ke Presiden Joko Widodo serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, mereka menegaskan tak mengakui keberadaan Persebaya yang diikutsertakan di turnamen tersebut.

"Bersama ini Kami dari Suporter Klub Persebaya Surabaya yang tergabung dalam Arek Bonek 1927 dengan ini secara tegas protes dan menolak tindakan dari Mahaka Sports sebagai penyelenggara turnamen Piala Presiden yang telah mengikutsertakan salah satu klub sepakbola yang “Mengatasnamakan” Persebaya Surabaya," demikian pernyataan Bonek 1927 melalui Presidiumnya, Andie Peci.

“Hanya mengakui dan mendukung Persebaya Surabaya di bawah badan hukum PT. Persebaya Indonesia dan Menolak penyelenggaraan Piala Presiden jika Mahaka Sports mengikutsertakan klub yang “Mengatasnamakan” Persebaya Surabaya dibawah kepemilikan PT. Mitra Muda Inti Berlian atau badan hukum lainnya.”

Persebaya memang tengah bersengketa di Pengadilan Negeri Surabaya. Persoalan dualisme klub ini pula yang membuat Persebaya versi PT Mitra Muda Inti Berlian tak diberikan rekomendasi oleh BOPI di Indonesia Super League musim lalu, yang berhenti berjalan.

Soal protes ini, Mahaka Sports melalui CEO-nya, Hasani Abdul Gani, mengaku belum menerima surat dari Bonek. Namun dia mengungkapkan bahwa untuk Piala Presiden tidak berlaku verifikasi dari BOPI seperti di liga.
"Kami hanya sebagai penyelenggara tidak mengerti mana yang asli maupun palsu, patokan kami sewaktu mengundang pesertanya adalah tim yang di Liga Indonesia. Turnamen Presiden berbeda dengan liga. Yang tidak lulus verifikasi itukan ikut liga? Sedangkan turnamen ini tidak memverifikasikan klub seperti dikatakan sama BOPI. Sekali lagi kami tidak bermaksud menyakiti siapapun termasuk Bonek. Niat kami hanya ingin sepakbola tetap bergulir," tandasnya.

Sejarah Buram Persebaya
Polemik di Persebaya dimulai sejak ISL 2009/2010 dimana ketika itu Persebaya dipaksa degradasi karena melawan terhadap rezim Nurdin Halid. Ketika itu, Persebaya didegradasikan juga untuk menyelamatkan Pelita Jaya yang notabene klub milik Nirwan Bakrie, Wakil Ketua umum PSSI ketika itu.

Ketika pertandingan menyisakan 1x antara Persebaya menghadapi Persik Kediri, disinilah kecurangan dimulai. Persik Kediri yang tidak dapat menggelar 3x pertandingan berturut-turut di Kediri dan Jogja, mestinya harus kalah WO dengan Persebaya. Namun, PT Liga malah menggelar ulang pertandingan Persebaya-Persik untuk keempat kalinya di Palembang.

Persebaya merasa dipermainkan, jadilah Persebaya tak datang ke Palembang utntuk melakoni pertandingan tersebut. Persik menang, namun kedua tim tetap terdegradasi.Reaksi keras muncul dari Surabaya. Memang ketika itu Persebaya sengaja didegradasikan karena melawan rezim Nurdin dan yang bikin pecinta bola geram adalah ketika Pelita Jaya terselamatkan dari degradasi karena Pelita ini notabene klub milik NDB. Ketika itulah timbul perlawanan untuk melawan rezim Nurdin yang berkuasa. Langkah awalnya adalah dengan menggelar beberapa terobosan.

Terobosan pertama adalah pertandingan eksebisi antara Garuda Merah dan Garuda Putih yang digelar di Surabaya dan Malang, lumayan sukses. Hingga akhirnya lahirlah LPI pada akhir 2010 dengan 20 klub termasuk 5 dari ISL yakni Persebaya, Arema, Persema, Persibo, dan PSM. Namun, pada akhir 2010 itu pula, Nurdin Halid mulai mengancam klub yang ikut LPI dengan dikeluarkan dari PSSI. Namun 5 klub tetap kukuh.

Ketika LPI mulai mengagendakan beberapa uji coba, Nurdin Halid mengirim surat kepada Wisnu Wardhana, ketua DPRD Surabaya asal Demokrat. Surat itu berisikan bahwa BLI dan PT Liga menunggu kesiapan Persebaya utk berlaga di Divisi Utama LI 2010/2011. Gayung bersambut, Wisnu menghubungi Wastomi yang merupakan tokoh YSS (Yayasan Suporter Surabaya) untuk membentuk Persebaya DU. Padahal, Persebaya sendiri sudah mulai bersiap utk menghadapi LPI yg akan kick off di Januari 2011, Wastomi tetap kukuh bentuk Persebaya DU. Manajemen Persebaya DU kemudian dibentuk dalam sekejap mata, berisi Wisnu, Wastomi, dan beberapa orang La Nyalla dan YSS. Karena waktu sangat telat untuk membentuk kerangka tim, Wisnu dan Wastomi kemudian membajak pemain Persikubar Kutai Barat.

Persikubar ini sebelumnya adalah tim DU yang sementara bermarkas di Stadion Angkatan Laut Bumimoro Surabaya, pemain-pemainnya anak buah Vigit. Karena Persebaya DU ini juga dapat restu Vigit, akhirnya dipakailah juga pemain-pemain yang masuk dalam kartel mafia Vigit Waluyo-Wastomi Suhari. Launching tim Persebaya DU pun dilakukan sederhana di Balai Pemuda Surabaya dengan diselingi dangdut. Namun, karena peranan Wisnu sangat besar, Persebaya DU telah dapat ijin tanding terlebih dahulu dari kepolisian Surabaya. Ini yang menyebabkan pertandingan eksebisi LPI antara Persebaya lawan Indo-Holland tidak diperbolehkan pakai nama Persebaya. Sehingga, Persebaya akhirnya berganti nama menjadi Persebaya 1927 dalam mengarungi kompetisi LPI yg akhirnya jadi juara paruh musim.

Di akhir musim, prestasi Persebaya DU justru merosot menjadi degradasi karena memainkan pemain ilegal melawan Perseru Serui. Persebaya DU memainkan Sulkhan Arif yg seharusnya akumulasi. Sesuai peraturan, seharusnya Persebaya DU degradasi ke Divisi I. Oh iya, Arema dulunya adalah salah satu kontestan LPI, namun mundur setelah gerbong Abriadi CS tak diikutkan M. Nur di fase berikutnya.

Ketika rezim berganti, polemik kembali terjadi. Persebaya DU yang harusnya merger dengan Persebaya 1927 malah tak mau dan menarik diri. Mengapa? Karena merger ketika itu sangat tidak menguntungkan Persebaya DU yang sudah berganti milik La Nyalla, dkk.

Persebaya DU didomplengi oleh perusahaan bernama PT Mitra Muda Inti Berlian dengan CEO Diar Kusuma, anak buah LNM. PT MMIB ini dahulunya adalah perusahaan kontraktor, namun entah kenapa berbalik arah di th 2011 menjadi perusahaan jasa atau olahraga. Sedangkan Persebaya 1927 dimiliki oleh PT Persebaya Indonesia yg dikelola oleh PT Pengelola Persebaya Indonesia (Konsorsium MBI), dan dari 30 klub anggota (internal) Persebaya, pecahlah menjadi 23 dukung Persebaya 1927, 7 klub dukung Persebaya DU.

Ferryl Raymond Hattu (pembina klub internal Persebaya) mengatakan bahwa sampai kapanpun klub anggota tetap dukung Persebaya 1927. Hingga pada akhirnya di tahun 2011, 23 anggota klub internal Persebaya menandatangani kesepakatan bahwa akan mendukung Persebaya 1927.

Persebaya tetap eksis di IPL, sementara Persebaya DU yg mestinya degradasi ke Div-I tiba-tiba muncul lagi di DU PT LI. Usut punya usut, ternyata manajemen Persebaya DU telah banyak berubah. Hampir kesemuanya adalah orang-orang La Nyalla. Untuk menarik minat suporter, La Nyalla menjanjikan saham sebesar 2% (kalau saya tidak salah) kepada YSS. Mengapa YSS? Karena YSS buatan LNM. La Nyalla juga mensubsidi YSS agar jadi suporter dan dukung Persebaya DU sekaligus dirinya agar lancar kudeta PSSI. Itulah mengapa para “prajurit” dan loyalis La Nyalla yang tergabung di YSS seperti Khamim lebih mendukung Persebaya DU. Karena ada duit!. Terlebih ketika orang-orang LNM ada di manajemen Persebaya DU seperti Bambang Pramukanturo, Diar, Gangsar Yudi, dll.

Sementara Persebaya 1927 malah berhasil tanding lawan beberapa tim internasional. Yang paling gres tentu saja lawan QPR. Saya sempat mendengar bahwa beberapa elemen suporter Bonek membuat perjanjian untuk hanya mendukung Persebaya 1927 di IPL di tahun 2011. Namun entah mengapa YSS dan PFC tak setuju dengan perjanjian tersebut. Dari sini saja sudah kelihatan belangnya.

Persebaya DU dijanjikan dan hampir pasti akan promosi ke ISL. Itu akan menjadi akar kuat La Nyalla dalam menyebut Persebaya DU adalah Persebaya asli. Dan terbukti Persebaya DU promosi ke ISL yang kemudian menjadi Persebaya ISL.

Sementara perkembangan dari Persebaya 1927, pemainnya mreteli satu-satu per satu. Cukup wajar karena para pemain juga butuh uang untuk hidup, sementara belum ada kejelasan dari Persebaya 1927 soal klub, karena sampai ssat ini PSSI belum mengakui Persebaya 1927.

Sampai saat ini Arek Bonek masih terus memperjuangkan Persebaya 1927. Banyak aksi dilakukan antara lain 3 Januari 2014 di depan Kantor Wali Kota Surabaya, kemudian gerakan #soerabaiamelawan tanggal 26 Januari 2014 saat kongres Mafia PSSI di Surabaya. Supanduk bertuliskan SAVE PERSEBAYA banyak bermunculan tak hanya dari bonek, tapi juga dari kelompok supporter lain.

Sumber: Detik, ryocorner

Profil dan Karir Sepakbola Stefano Lilipaly

Fano, sapaan Stefano, merupakan pesepak bola kelahiran Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia. Pernah mewakili Belanda U-15 hingga U-18, namun kini telah menjadi warga negara Indonesia dan sempat bergabung di timnas senior.

Ia mulai menekuni sepak bola sejak umur 7 tahun di klub amatir DCG. Sempat menimba ilmu di tim junior AZ Alkmaar sebelum akhirnya bergabung dengan tim junior FC Utrecht.
Pada 2012 dia pindah ke Almere City dab memutuskan untuk mencari peruntungan di klub kasta kedua liga Jepang Consodale Sapporo pada 2014. Semusim di Jepang, Fano akhirnya hijrah ke Persija pada 2015.

Sayang, kiprah Fano belum sempat terlihat pasalnya kompetisi ISL 2015 dihentikan oleh PSSI karena tersandung legalitas klub Persebaya dan Arema Cronus. Kala itu, PT Liga Indonesia sebagai operator kompetisi Indonesia Super League (ISL) tetap ngotot untuk memainkan Persebaya dan Arema yang menurut BOPI, tidak lolos verifikasi karena tidak memenuhi aspek legalitas resmi.

Stefano Lilipaly kini resmi berlabuh di SC Telstar, sebuah klub yang terbilang klub gurem Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda. Namun, tim berjulukan Singa Putih itulah yang melahirkan Haselbaink sebelum akhirnya melejit bersama Atletico Madrid dan Chelsea.
Stefano menyandang nomor punggung 9 di Telstar seperti yang dikenakan saat membela Persija di Liga Super Indonesia 2015. Debutnya kemungkinan akan dimulai dengan menghadapi mantan timnya, Almere City, Jumat (21/8/2015).

Sumber: Tribun

Trik (Cara) Membuka Password pada Excel Sheet

Membuat password excel dengan maksud melindungi file/data penting sah2 saja bagi pemilik file. Tapi seiring banyaknya file yang tersimpan dan diisi password protect membuat kadang kita lupa password yang sudah kita buat dan file tersebut tidak bisa diedit kembali. Pengalaman admin, hehe. Nah ! kalo password sudah lupa yang ada di pikiran adalah bagaimana cara membuka password excel yang sudah di protect? Pada kesempatan ini admin ingin share dengan rekan-rekan semua bagaimana cara unprotect sheet/membuka protect sheet dari file Excel yang di protect, atau mungkin juga anda pernah mendapat aplikasi/pernah mendownload file excel yang sheet-nya di protect, untuk itu admin ingin sedikit berbagi bagaimana caranya membuka protect sheet suatu file excel atau cara membuka password excel sheet.

Sebelumnya perlu di ketahui ada berbagai cara yang di pergunakan untuk membuka protect sheet Excel, mulai dari mempergunakan software / software open office atau dengan script Visual Basic Editor (VBA), cara script VBA adalah cara yang digunakan admin dengan alasan kompabilitas dengan program microsoft excel yang memang menyediakan perintah bahasa pemrograman modul VBS secara defaultnya, mengingat juga beberapa software yang admin coba errors/gagal terus, sedangkan untuk menggunakan open office mengharuskan kita untuk menginstal, berbicara install pasti berbicara kapasitas yang cukup berat dan dapat berdampak pada lambatnya kinerja pada saat membuka atau menjalankan, langsung aja ketahapan membuka password protect sheet :

Step by step trik membuka password excel sheet

1. File excel yang sheet-nya di protect biasanya tidak bisa di edit sama sekali, semua click seolah tidak berfungsi, pada tab “review” admin rasa anda sudah lebih berpengalaman, apabila ada icon file excel bertuliskan unprotect sheet, itu tandanya sheet tersebut di protect oleh pemilik/suhunya atau protect dalam keadaan aktif, untuk lebih jelasnya lihat screen shoot berikut ini, gambar di bawah ini memperlihatkan file excel yang sheetnya di protect sehingga kita tidak bisa meng-editnya :

2. Untuk memasukan script VBA lihat bagian sebelah bawah kiri pada tab sheet yang di protect, klik kanan dan pilih “view code” akan terbuka jendela baru secara otomatis (Microsoft visual basic), atau bisa juga dengan cara menekan tombol kombinasi “Alt + F11″ di lanjutkan klik insert/module, apabila di bagian tengah sudah muncul jendela baru/module berarti langkah anda sudah benar cara membuka password excel sheet.

3. Selanjutnya trik membuka password excel sheet Pada jendela module, copy pastekan kode berikut ini (copy dan paste mulai dari ” Sub InternalPasswords()” sampai dengan “end sub”) :
Sub InternalPasswords()

Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer
Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer
Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer
Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer

On Error Resume Next

For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66
For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66
For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66
For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126

ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)

ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _
Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _
& Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)

If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then

If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then

If ActiveSheet.ProtectContents = False Then

Exit Sub

End If

End If

End If

Next: Next: Next: Next: Next: Next
Next: Next: Next: Next: Next: Next

End Sub

4. Membuka password excel sheet selanjutnya Lihat bagian kiri atas lembar kerja, highlight atau klik pada sheet yang akan kita buka protectnya.

5. Klik tab Tool/Macros/Internal Password/run/langsung klik F5

6. Tunggu beberapa saat dan klick icon Microsoft Excel di pojok kiri atas atau “Alt + F11″ untuk kembali ke lembar kerja, dan kini file excel yang di protect tersebut sudah bisa di edit sesuka hati anda ! lihat juga pada tab “review” kini icon sheet sudah bertuliskan protect sheet sebagai tanda sudah tidak di protect lagi.

Sumber: abufathan

Cara Membuat/ Memasang Tanda Tangan Hasil Scan pada Microsoft Word atau Excel

Membuat atau memasang tanda tangan digital pada lembar kerja Microsoft word atau excel sangatlah mudah. Hanya dengan beberapa langkah kita bisa mengisi surat yang akan kita kirim secara online dengan tanda tangan kita. Berikut ini cara mudah membuat dan memasang tanda tangan digital pada lembar kerja Microsoft word atau excel.
1. Pertama kali Anda harus membuat tanda tangan di kertas kosong lalu Anda scan dengan scanner kemudian simpan hasil scanan tadi pada computer Anda.

2. Setelah itu buka aplikasi photoshop, Anda bisa cari di gugel aplikasi photoshop cs3 karena aplikasi ini tanpa harus menginstal pada komputer Anda. Setelah aplikasi photoshop terbuka klik open lalu cari dan buka hasil scan tanda tangan Anda tadi.

3. Agar tanda tangan yang akan dipasang nanti bisa transparan Anda harus menyimpannya dalam format PNG. Namun sebelum Anda simpan Anda hapus terlebih dahulu background warna putih dengan Magic Eraser Tool sehingga warna background yang tadinya purih menjadi seperti kotak-kotak (transparan).

4. Setelah warna putih sudah Anda hapus semua dengan "Magic Eraser Tool" kemudian Anda “Save As” dengan pilihan format PNG.

5. Sekarang dokumen tanda tangan Anda sudah jadi. Buka lembar kerja Anda yang ada di Microsoft Word atau di Excel. Lalu letakkan crussor pada tempat yang Anda akan isi dengan tanda tangan, lalu klik open, insert picture dan cari dokumen tanda tangan yang telah Anda simpan tadi, lalu klik insert.

6. Letakkan crussor pada gambar tanda tangan Anda kemudian klik kanan pilih “format picture”. Setelah itu pilih Layout lalu pilih pada “In front of text” lalu klik OK. Atau bisa juga pilih “Text Wrapping” lalu pilih “In front of text”.

7.Setelah itu Anda dapat memperkecil gambar dengan cari menarik ke dalam pada garisnya. Sekarang tanda tangan digital Anda sudah terpasang pada tempatnya. Selanjutnya Anda bisa save as PDF lembar kerja Anda untuk di upload ataupun di email via internet.
Demikian cara membuat tanda tangan digital pada MS word atau Excel semoga bermanfaat.

Sumber: rabmso

Battle of Surabaya, Film Animasi Karya Anak Bangsa Tayang 20 Agustus 2015

Menyambut perayaan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia di layar bioskop seluruh Indonesia akan hadir film animasi Battle of Surabaya mulai tanggal 20 Agustus 2015, 3 hari setelah perayaan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2015.

Film yang digarap selama tiga tahun dan merupakan film perdana MSV Pictures ini adalah film animasi 2D dengan tema sejarah bangsa Indonesia. Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI ke-70, Telkomsel sebagai perusahaan yang Paling Indonesia, juga mendukung film Battle of Surabaya yang merupakan kreasi anak bangsa untuk Indonesia.
Salah satunya bentuk dukungan yang Telkomsel lakukan yaitu dengan bekerjasama dengan MAV Picture mengadakan roadshow nonton bareng Battle of Surabaya bersama komunitas anak muda di berbagai kota di Indonesia, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, “ Telkomsel mendukung penuh kehadiran para animator lokal, dan karya anak bangsa pada umumnya sehingga mereka bisa mendapatkan tempat sampai ke tingkat dunia. Hal ini merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk membangun ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satunya adalah dengan mendukung industri kreatif digital lokal serta para pelakunya.”

Dalam masa penggarapannya bersama sutradara Aryanto Yuniawan, trailer film ini telah meraih berbagai penghargaan seperti Digital Animation INAICTA (Indonesia Information and Communication Technology Award) dan Idigo Fellowship tahun 2012, People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2014,dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Prestasi lainnya ialah, Battle of Surabaya menjadi film pertama Indonesia yang dilirik oleh production house internasional sekelas Walt Disney Pictures. Menurut penuturan Aryanto Yuniawan, nantinya film ini akan mendapat dukungan dari segi teknis dan mendapat bantuan distribusi film di seluruh jaringan Disney di dunia.

Battle of Surabaya diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, menceritakan tentang petualangan Musa, remaja penyemir sepatu yang menjadi kurir untuk pejaung Arek-Arek Suroboyo & TKR dalam bentrokan berat yang terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya. Musa diyakini menjadi kurir surat dan kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari radio yang didirikan oleh Bung Tomo. Cerita ini diadaptasi dari pertempuran sengit pada saat itu, tetapi ada juga karakter fiksi yang sengaja dirancang untuk memperkuat pesan dari film Battle of Surabaya.


Sumber: Tribun

Akun Pramugari Trigana Air, Dita Amelia, Dibanjiri Ucapan Duka Cita

Banyak simpati dan ucapan duka cita di akun Facebook Dita Amelia Kurniawan, salah satu pramugari sekaligus korban kecelakaan pesawat Trigana Air ATR 42 PK YRN di Kawasan Pegunungan Bintang, Papua.
Kebanyakan, pesan itu, rata-rata mengharapkan Dita kembali pulang dengan selamat, Selasa (18/8/2015).

Terpantau di akun Facebook Dita, yang merupakan warga di Kampung Beting, Jalan Angsana I, RT 001/18, Koja, Jakarta Utara, banyak pesan duka cita dari teman-temannya.
Pesan-pesan itu di antaranya ada di wall Facebook milik Dita.
Pada umumnya, mereka berharap, Dita ditemukan dalam kondisi selamat, dan ada juga berdoa meminta perlindungan Allah untuk menemukan Dita.
"Ya Allah, Semoga Dita cepat ditemukan. Mohon lindungi Dita," ucap seorang wanita yang account name-nya Rose QCapricorn.

Ada juga yang mengucapkan rasa rindunya kepada Dita.
"Dita, Semoga aja lu gak kenapa-kenapa Dit, di sini temen-temen alumni TK Barunawati ngedoain lu. Miss you ta," ucap seorang pria dengan account Ilham Gustian Aryanto.
Apabila diamati, sebelum kejadian Dita sempat mengganti profile picture di akun Facebook-nya pada 14 Agustus 2015 pukul 12.16.
Di foto itu, wajah cantik Dita terlihat murung tak bersemangat.
Tak hanya itu saja, terlihat di lehernya memakai tali berwarna hitam bergambar pesawat.

Uang Miliaran Berserakan
Sementara itu, kabar bahwa ada uang miliaran rupiah dibawa dalam pesawat ATR 42 Trigana Air yang jatuh di pegunungan Bintang, Papua benar adanya.
Sebagian dari uang tersebut telah ditemukan dalam kondisi yang tidak utuh. Namun sebagian masih bisa diselamatkan. Demikian diungkapkan oleh Ketua Basarnas F Henry Bambang Soelistyo dalam jumpa persnya di ruangan Base Ops Lanud Jayapura, Selasa (18/8/2015).
Gambar udara lokasi kecelakaan
"Terkait permasalahan uang yang berada di Pesawat bahwa sesuai laporan Tim di lapangan uang saat ini ada sebagian yang terbakar dan sebagian masih utuh dan sekarang sudah diamankan oleh Tim SAR Gabungan bersama-sama dengan Black Box," kata Bambang.
Ia juga menjelaskan, hasil yang dicapai sesi I mendapatkan 20 korban 15 menit kemudian 32 korban, 5 menit kemudian 38 dan pada jam 11.30 Wit kami mendapat laporan total Jenazah menjadi 54 orang.
Rencananya pada Rabu (19/8/2015) apabila kondisi cuaca memungkinkan maka akan difokuskan pada proses evakuasi jenazah.

Korban
Sebanyak 54 jenazah penumpang dan kru telah dievakuasi ke dalam kantong jenazah pasca-puing pesawat Trigana Air jenis ATR42-300 ditemukan tim SAR gabungan di daerah sekitar tebing Kamp 3, Distrik Okbape, Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (18/8/2015) siang.

Terjalnya medan dan cuaca yang tidak menentu di lokasi, membuat tim belum bisa mengevakuasi jenazah-jenazah tersebut ke Bandara Oksibil.

Sejumlah angggota tim SAR gabungan pun secara bergantian menjaga jenazah-jenazah tersebut mengingat lokasi jatuhnya pesawat adalah hutan lebat yang masih perawan dan jauh dari pemukiman warga.

"Seluruh jenazah masih dilokasi, baru besok dimobilisasi. Malam ini sudah ada hampir 100 orang dari tim SAR gabungan, beberapa warga lokal dan pihak pemkab yang ada di lokasi. Yah, ada dari mereka yang menjaga jenazah-jenazah tersebut malam ini," ujar Direktur Utama PT Trigana Air Service, Kapten Benny Sumarianto saat berbincang dengan Tribunnews.com, Selasa (18/8/2015) malam.

Menurutnya, sejak pukul 06.00 WIT pagi ini, tim SAR gabungan akan berupaya mengevakuasi seluruh jenazah melalui jalur darat dan udara. Ia berharap cuaca di lokasi terbilang baik sehingga jenazah-jenazah tersebut bisa segera dilakukan identifikasi.

Sumber: wartakota, Tribun

Tahun 2016, PNS Akan Dapat 'Gaji Ke-14'

Tahun depan pemerintah akan memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pegawai negeri sipil (PNS) serta Anggota TNI/Polri. Menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, meski gaji PNS tidak naik tapi THR yang didapat jumlahnya lebih besar ketimbang total kenaikan gaji.
"Bila dihitung, pemberian THR ini lebih besar dari kenaikan gaji PNS. Jadi secara take home pay akan lebih besar dari kenaikan gaji biasanya," ujarnya ditemui di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

THR yang akan diterima PNS ini besarannya setara gaji pokok satu bulan. Selain THR, PNS juga masih akan menerima gaji ke-13 seperti sebelumnya.
"Sekarang kan menerima gaji ke-12 terus di tambah 1 bulan gaji (ke-13). Mulai tahun depan PNS akan menerima THR sebesar satu bulan gaji pokok," jelasnya.

Pemberian THR ini dilakukan untuk mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur pemerintah, dengan memperhatikan tingkat inflasi, untuk memacu produktivitas dan peningkatan pelayanan publik.

Sebelum kebijakan pemberian THR ini, pemerintah memberlakukan kenaikan gaji PNS yang salah satu indikatornya berdasarkan laju inflasi. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan seiring diberikannya THR kepada PNS ini, pada 2016 pemerintah tidak akan menaikkan gaji pokok PNS.

Kebijakan meniadakan kenaikan gaji dan menggantinya dengan THR ini, kata Askolani, akan berdampak positif secara jangka panjang terhadap penghasilan yang diterima PNS. Jika masih mengandalkan kenaikan gaji, PNS akan tetap mendapat potongan dari biaya Tunjangan Hari Tua (THT) yang dikelola PT. Taspen.

Berkaca dari pengalaman, ujar Askolani, dengan kenaikan gaji pokok, kerap terjadi kekurangan dana iuran kepada PT. Taspen. Akibatnya, pemerintah yang menanggung kekurangan dana itu. Oleh karena itu, ujar Askolani, dengan ditiadakannya kenaikan gaji pokok ini juga akan membantu mengurangi beban risiko fiskal pemerintah.
"Misalnya, dalam 5 tahun ada unfunded Rp3 triliun-Rp5 triliun. Itu kita cicil ke Taspen supaya uang pensiunan PNS tidak berkurang. Itulah dampaknya kalau gaji pokok naik," tutur dia.

Tidak hanya PNS yang masih aktif bekerja, Askolani mengatakan, para PNS yang sudah pensiun pun akan memperoleh THR.
"Tapi tidak full (penuh), karena kemampuan fiskal terbatas. Karena selama ini pensiun kalau naik tidak setinggi PNS, tapi sudah lumayan buat bantu pensiun juga," ujar dia.

Dalam RAPBN 2016, pemerintah mengusulkan belanja pemerintah pusat sebesar Rp1.339 triliun, yang terdiri dari belanja Kementerian/Lembaga (K/L) sebesar Rp780,4 triliun dan belanja non-K/L sebesar Rp558 triliun.

Sumber: Detik dan Antara

Benang Kusut Sepakbola Indonesia: Sepakbola Gajah

Empat pemain PSS Sleman yang mendapatkan sanksi PSSI karena Sepak Bola Gajah mengakui bahwa segala keterangan di depan tim investigasi PSSI saat itu sudah diskenariokan. Bahkan, skenario itu di-briefing ke pemain saat berada di mess sebelum berangkat ke Jakarta untuk bertemu tim investigasi PSSI.

Hal itu diakui para pemain PSS yang hadir pada Acara Kupas Tuntas di Hotel Merapi Merbabu, Yogyakarta, Rabu (29/7/2015) malam. Mereka yakni bek kanan Satrio, gelandang Ridwan, striker Moniaga, dan Ronald (bukan nama sebenarnya).

Keempat pemain ini masuk starting eleven kala PSS Sleman bertemu PSIS Semarang, Minggu (26/10/2014). Saat itu, PSS menang 3-2. Seluruh gol itu terjadi akibat gol bunuh diri dari pemain masing-masing tim.

Pada acara yang difasilitasi oleh Forum Diskusi Suporter Indonesia ini, para pemain mengaku bahwa kesaksian mereka di hadapan tim investigasi PSSI sudah diatur oleh pihak manajer PSS saat itu, Suparjiono.
"Jadi gini ceritanya, Mas. Saat itu kami dipanggil dalam dua kloter untuk bertemu PSSI di Jakarta," ucap Satrio mengisahkan.

Satrio menuturkan, ia dan beberapa pemain masuk kloter kedua untuk bertemu tim PSSI. Sebelum berangkat ke Jakarta, pemain dikumpulkan di mess PSS. Saat itulah Suparjiono mem-briefing dan meminta agar saat memberikan keterangan di PSSI sesuai dengan instruksinya.
"Jadi memang sudah diskenariokan. Kami tidak bisa apa-apa, kondisi kami serbabingung. Kalau Mas jadi kami, tentu juga akan sama," tutur Satrio.

Ridwan juga mengakui bahwa instruksi gol bunuh diri dari pinggir lapangan sebenarnya diminta oleh Suparjiono. Namun, pemain diminta mengarahkan ke Sekretaris Tim Ery Febriyanto atau sering dipanggil Ableh.
"Pak Suparjiono ada di pinggir lapangan. Tapi diminta (mengarahkan ke) Ableh, sekretaris itu," ucap Ridwan.

Ia dan rekan-rekannya akhirnya berani membuka mulut mengenai sepakbola gajah atas dasar hati nurani. Para pemain, kata dia, ingin agar kebenaran atas peristiwa yang menggemparkan publik sepak bola Indonesia bisa terungkap.
"Kami ini korban dari drama manajemen. Kami ingin kebenaran terungkap dan sanksi kami di hapuskan," tutur Ridwan lagi.

Sementara itu, Suparjiono saat dihubungi membantah semua keterangan dari empat pemain PSS terkait peristiwa sepak bola gajah. "Tidak benar itu, saya tidak tahu dan tidak menginstruksikan apa pun ke pemain. Kasus ini juga sudah diselidiki dan disidangkan oleh PSSI," ujar dia membantah.

Suparijiono akhirnya memang terhindar dari sanksi. Sementara itu, sejumlah pemain, sekretaris tim, dan pelatih terkena sanksi larangan ikut berkecimpung di sepak bola nasional.

Kasus sepak bola "gajah" terjadi karena kedua tim sengaja mengalah tak ingin menjadi juara grup. Ada dugaan, cara itu untuk menghindari Borneo FC. Alhasil, pertandingan diwarnai kejadian lima gol bunuh diri dari kedua tim. Skor berakhir 3-2 untuk kemenangan PSS. Sepak bola "gajah" ini kemudian ramai diberitakan media-media internasional.
Sumber: Kompas

SMS Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha

SMS Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha--
Sebagaimana lazim dilakukan, kita saling bertukar maaf dan ucapan selamat Idul Adha. Teknologi komunikasi melalui ponsel memungkinkan kita berkirim ucapan itu dengan mudah, cepat, dan murah. Kreativitas berbahasa pun menjadi bertambah. Ada yang mampu menjalin kalimat sendiri, ada pula yang memodifikasi dari contoh ucapan yang telah ada. Nah, berikut beberapa contoh yang bisa kamu jadikan referensinya.

Andai jemari tak sempat berjabat,
Jika raga tak bisa bersua,
Untuk kata membekas luka,
Semoga pintu maaf masih terbuka.
Ketika sa’i adalah harapan
putaran thawaf cermin pemujaan.
Ketika wukuf wujud ketundukan
lemparan jumrah adalah perjuangan.
Ketika takbir digemakan
Selamat Idul Adhha 1436 H / 2015 M kuucapkan.

Harumnya aroma maaf mulai merebak,
menyambut datangnya hari suci yang penuh berkah.
Ya 4JJI Maafkan kami yang sering menyakiti saudara kami dengan dusta,
prasangka dan ingkar janji.
taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

11 bln banyak kata sudah di ucapkan
dan dilontarkan tak semua menyejukan
11 bln banyak prilaku yang sudah dibuat
dan diciptakan tak semua menyenangkan
11 bln banyak keluhan, kebencian, kebohongan
menjadi bagian dari diri
Mari kita memaafkan, mohon maaf lahir dan batin

Sebelum takbir berkumandang
Sebelum ajal menjemput
Sebelum jaringan over load
Izinkan kami memohon maaf lahir dan bathin

Takbir bergema di langit
Meng-Agungkan kebesaran Allah
Mengingatkan kerdilnya diri
Bahkan kerap berbuat salah dan khilaf
Maafkan aku sobat
Selamat Idul Adha 1436 H / 2015 M

Mata kadang salah melihat
Mulut kadang salah mengucap
Hati kadang salah menduga
Dengan niat tulus suci dan Ikhlas
Mohon maaf lahir dan batin

Takbir, tahmid, tahlil tlah berkumandang.
Memecah keheningan malam, mengantar rasa syukur padaNya.
Esok pagi menyambut hari yang fitri,
selamat idul adha taqaballahu mina wa minkum,
mohon maaf lahir dan batin.

Rangkaian indah SMS Lebaran kata-kata ucapan selamat idul adha
Satukan tangan,satukan hati
Itulah indahnya silaturahmi
Di Hari kemenangan Kita padukan
Keikhlasan untuk saling memaafkan
Selamat Hari Raya Idul Adha
Mohon Maaf Lahir Batin

Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan IA keruh,
Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan dia mendung,
Jika HATI seindah BULAN, hiasi IA dengan IMAN.
Mohon Maaf lahir Dan batin

Teman yang jauh terasa dekat
Teman yang dekat semakin rapat
Lewat sms ku ucapkan kata
Mohon maaf atas segala salah dan dosa
Taqobalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir dan bathin

Ketupat udah dipotong
Opor udah dibikin
Nastar udah dimeja
Kacang udah digaremin
Gak afdhol kalo gak ucapin
Selamat Idul Adha

Marilah Kita saling mengasihi n memaafkan…
Ku tau kau telah banyak berbuat salah Dan dosa kepadaku, sering meminjam
duit n Ga ngembaliin, pake motor Ga pernah isi bensin, tapi tak usah
risau… Ku t`lah memaafkanmu. ..

Jangan suka berkeluh kesah di hati
Dihari yang mulia ini
Mari kita bersilaturahmi
Saling memaafkan dan berbagi
Takbir menggema di mana-mana
Melantunkan kalimat Aza Wazalla
Dihari Raya yang sangat mulia
Padamu ibu ku haturkan sebuah doa Azan takbir

Ikan sepat ikan gabus di dalam bubu
Jangan tak sempat untuk main ke rumahku

Kepada ayah dan ibu
Kuhaturkan sembah dan sujudku
Kepada bapak ibu guru
Kuucapkan maaf dari lubuk hatiku

Buka hati dan buka mata
Di hari yang penuh mulia
Mari kta saling berbagi
Pada orang-orang miskin disekitar kita

Sumber: yadi82.blogspot.com

Top