Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Pertolongan Pertama Cara Mengobati Gigitan Tikus-- Efek gigitan tikus yang paling sering terjadi adalah infeksi pada bekas gigitan dan perdarahan. Berat ringannya infeksi tergantung dari jenis kuman penyebab yang menginfeksi. Minyak kayu putih tidak dapat mencegah atau menyembuhkan gigitan tikus dari infeksi. Gejala dari gigitan tikus yang terinfeksi, antara lain:
- Nyeri pada bekas gigitan
- Kemerahan dan bengkak
- Kadang disertai demam dan pembesaran kelenjar getah bening.

Jika tergigit tikus, sebaiknya hal yang pertama Anda lakukan adalah dengan mencuci luka tersebut dengan air bersih yang mengalir, lalu membersihkannya dengan kassa steril dan larutan povidone iodine atau rivanol.

Hidrogen peroksida, alkohol atau pembersih antiseptik lainnya sangat bagus digunakan untuk membersihkan luka gigitan tikus pertama kali, sehingga setidaknya setiap rumah harus menyediakan bahan – bahan ini sebagai jaga – jaga atau persediaan peralatan obat. Setelah luka dibersihkan, gunakanlah lotion atau minyak untuk menyembuhkan luka. Setelah itu balutlah luka dengan kain yang bersih dan kering agar cepat sembuh.

Jika sampai terjadi infeksi sebaiknya Anda ke dokter untuk diberikan pengobatan berupa antibiotik minum dan oles/topikal untuk mencegah kemungkinan adanya virus rabies yang ditularkan.
Terlebih jika badan mengalami demam dan tidak diperoleh tanda – tanda kesembuhan dalam tiga hari, maka anda harus secepatnya mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena seringkali gigi – gigi tikus yang panjang dan tajam tersebut dapat menimbulkan bekas luka yang dalam sehingga pengobatan manual tidak cukup membantu.

Tikus rumahan (peliharaan) cenderung tidak membawa rabies. Jadi jika gigitan tikus berasal dari hewan peliharaan keluarga, anda mungkin bisa aman. Namun jika gigitan itu berasal dari tikus liar, meskipun masih sangat jarang ditemukan membawa rabies, anda tetap harus memeriksakannya ke dokter. Karena dalam beberapa kasus, tikus liar tersebut membawa penyakit atau bakteri berbahaya lainnya. Semua itu tetap tergantung dari seberapa parah tingkat penyebaran rabies di wilayah tempat anda tinggal.

Gejala yang ditimbulkan dari gigitan tikus biasanya meliputi demam, menggigil, pembekakan disekitar bekas gigitan, perubahan warna kulit, muntah dan mual – mual. Pengobatan yang digunakan secara umum mencangkup antibiotik seperti penisilin. Demam yang ditimbulkan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari setahun, jika tidak dilakukan pengobatan apapun dan hal itu biasanya tidak terlalu fatal. Namun sangat disarankan agar memeriksakan ke dokter untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

alodokter.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top