Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Timnas Indonesia U-16 berjuang di Kualifikasi Piala Asia U-16 di Thailand. Tim berjuluk Garuda Asia itu telah memulai perjuangannya dengan melawan Kepulauan Mariana Utara. Selanjutnya, tim besutan Fakhri Husaini itu akan berhadapan dengan Timor Leste, Thailand, dan Laos, yang tergabung di Grup G.
Jika dilihat dari peta kekuatan sepakbola tiap-tiap negara, lawan terberat Garuda Asia adalah Thailand, yang berstatus sebagai tuan rumah. Indonesia akan menghadapi Thailand di laga ketiga.

Menghadapi Kepulauan Mariana Utara, skuat 'Merah-Putih' menang 18-0.

Bertanding di Rajamangala Stadium, Bangkok, Thailand, Sabtu (16/9/2017), Indonesia menunjukkan diri unggul kelas dari Kepulauan Mariana Utara. Di babak pertama saja, tim asuhan Fachri Husaini itu unggul 6-0.

Gol di babak pertama dicetak Mochamad Supriadi di menit ke delapan, Amiruddin Bagus pada menit ke-12, 24, dan 41 lalu Rendy Juliansyah di menit ke- 13 dan 21.

Di babak kedua, Indonesia lebih menggila. 12 gol tambahan dilesakkan ke gawang lawan yang federasi sepakbolanya baru mentas ke turnamen internasional pada 1998 lalu tersebut.

Selusin gol tambahan itu dicetak Supriadi di menit ke-46 dan 89, Sutan Zico pada 48, 62, 65, 66, 81, kemudian Amanar Abdillah di menit ke-68, diikuti Hamsa Lestaluhu pada menit ke-69, 72, dan 87 serta terakhir Andre di menit ke-90.

Hasil ini sudah tentu membawa Indonesia untuk sementara memimpin klasemen Grup G dengan poin 3, diikuti Timor Leste yang mengalahkan Laos 5-2.

Susunan pemain:

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi, Amiruddin Bagus, Mochamad Yudha Febrian, Ahmad Rusadi, Fadilah Nur Rahman, David Maulana (c) (Bryilan Negiehta 66'), Mochammad Supriadi, Amanar Abdillah, Andre Oktaviansyah, Rendy Juliansyah (Sutan Zico 46'), Amiruddin Bagus Alfikri (Hamsa Lestaluhu 46')

Kepulauan Mariana Utara: Jason Senobio, Joseph Rasa (Ian Karl Noble 20'), En Syu Hanh, Terrance Montenegro, Kirt Andon, Ichiro Borja (John Guiller 87'), Taka Horimoto (Reginald Aljo 46'), Joshua Mendez, John Michael, Mark Jericho, Sebatian Matthew

Di matchday kedua, Timnas Indonesia mengemas kemenangan dengan susah payah melawan Timor Leste dengan skor 3-1.

Kemenangan penting berhasil dipetik Timnas Indonesia U-16 dalam matchday 3 Grup G kualifikasi Piala Asia 2018 Malaysia, kontra Thailand U-16. Timnas U-16 memetik kemenangan tipis 1-0 atas Thailand di Rajamangala Stadium, Rabu 20 September 2017.
Meski berstatus tim tamu, Rendy Juliansyah cs mampu mendominasi jalannya pertandingan. Timnas U-16 berhasil mencuri gol lebih dulu di menit 20 lewat gol Amanar Abdillah. Abdillah sukses mengonversi umpan silang Mochamad Supriyadi, dan membawa Timnas U-16 unggul.
Skor 1-0 kemudian mampu dipertahankan pasukan Fakhri Husaini hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua baru dimulai Timnas U-16 sudah dua kali mengancam gawang Thailand. Umpan Hamsa Lestaluhu mampu ditanduk Sutan Diego Zico. Namun, bola tandukkannya berhasil ditepis kiper Thailand, Natthawut Paengkrathok.
Pun dengan sepakan Bagus Kahfi. Bagus yang sudah berhadapan dengan Paengkrathok gagal menaklukkan kiper Thailand ini. Sepkan Bagus berhasil diblok Paengkrathok.
Peluang Timnas U-16 lewat sepakan Zico menit 61 kembali gagal. Padahal, serangan cepat dengan kombinasi Hamsa dan Zico berhasil merangsek ke pertahanan Thailand. Sepakan Zico justru malah melambung di atas gawang Thailand.
Bagus Alfikri kembali membuang peluang bagi Timnas U-16 menit 79. Bagus yang sudah berhadapan langsung dengan kiper Thailand malah gagal membuat gol. Sepakannya melenceng tipis di sisi kiri gawang Paengkrathok.
Memasuki lima menit akhir pertandingan. Thailand menggempur pertahanan Timnas U-16. Dua peluang lewat sepakan Nattakit Butsing masih membentur mistar gawang Ernardo Sutaryadi.
Akhirnya, Timnas U-16 mampu mempertahankan keunggulan 1-0 hingga akhir laga. Berkat hasil ini, Timnas U-16 kokoh di puncak klasemen Grup G dengan poin 9. Pasukan Fakhri Husaini juga selangkah lagi bisa lolos ke putaran final, andai mampu mengalahkan Laos di laga terakhir.

Susunan Pemain:
Thailand U-16: Natthawut Paengkrathok (gk); Arthit Bua-Ngam, Ruengthanarote Chatmongkol, Jakkrapong Sanmahung, Pongsakorn Innet, Thanarin Thumsen (Punnawat Chote-Jirachaiton), Sarawut Saowaros, Kitthipong Khetpara, , Thanakit Thongsri, Thakdanai Jaihan, Natthakit Butsing.
Indonesia U-16: Ernando Ari Sutaryadi (gk); Amiruddin Bagas, Mochamad Yudha Febrian, Ahmad Rusadi, David Mualana, Amanar Abdillah (Amiruddin Bagus Alfikri'46), Andre Oktaviansyah, Sutan Diego Zico, Rendy Juliansyah (Hamsa Lestaluhu'46), Mochamad Supariadi.


Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018. Kepastian itu didapat setelah Indonesia mengalahkan Laos 3-0.
Indonesia tampil mendominasi atas Laos di laga terakhir Grup B. Indonesia bahkan memimpin 1-0 di babak pertama laga yang digelar di Rajamangala Stadium, Bangkok, Jumat (22/9/2017).
Setelah beberapa peluang gagal berbuah gol, Sutan Zico sukes memecah kebuntuan di menit ke-25. Memanfaatkan bola
rebound, dengan mudah Zico merobek gawang Laos. Indonesia memimpin 1-0.
Setelahnya, beberapa peluang lagi diciptakan anak asuh Fakhri Husaini. Namun hingga jeda, tidak ada gol tambahan tercipta.
Di babak kedua, Laos mulai berani keluar menyerang. Hal itu membuat Indonesia cukup keteteran.
Di menit ke-55, peluang didapat Laos. Lewat tendangan bebas Khamsavananh Louanthammakhanh masih melenceng.
Namun Indonesia tetap bisa menggandakan kedudukan pada menit ke-59. Penyelesaian dingin Sutan Zico setelah mendapat umpan dari sisi kiri membawa skuat Merah Putih memimpin 2-0.
Di menit ke-67, Laos mengancam lewat Phoutthalak Thongsanith. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih melenceng di samping gawang Ernando Ari Sutaryadi.
Di menit ke-70, Zico nyaris mencetak hat-trick. Mendapat umpan terobosan dari belakang, sontekannya cuma menerpa mistar gawang Laos.
Laos membalas di menit ke-74. Mistar gawang Ernando gantian dibuat bergetar sebelum bola disapu barisan belakang Indonesia.
Di menit ke-85, Zico kembali mendapat peluang bagus. Namun tendangannya di dalam kotak penalti masih membentur pemain Laos.
DI menit-menit akhir, Laos masih juga membahayakan gawang Indonesia. Tendangan Akkhom Thoranin bisa ditepis Ernando.
Namun Indonesia bisa menambah gol di masa injury time . Pelanggaran kiper Laos Dim Phouttavong kepada Mochamad Supriadi berbuah penalti. Rendy Juliansyah yang jadi eksekutor dengan dingin menyelesaikannya untuk membawa Indonesia menang 3-0
Hasil ini membuat Indonesia menyapu bersih empat laga di Grup B dengan kemenangan dan memastikan diri lolos ke Piala Asia U-16, yang berlangsung 20 September sampai 7 Oktober 2018 di Malaysia.
Susunan Pemain
Laos: Dim Phouttavong, Singkan Sichanthavong (c), Hatsachanh Phonephavanh, Anoulack Vannalath, Ananthana Chanthamaly, Phoutthalak Thongsanith, Soubanh Keopeth, Akkhom Thoranin, Chony Wenpaserth
Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi (c), Amiruddin Bagas, Mochamad Yudha, Ahmad Rusadi, Muhammad Salman AlFarid, Komang Teguh, Brylian Negiehta, Miftahul Husyen, Amanar Abdillah, Andre Oktaviansyah, Sutan Zico.

Kualifikasi Piala Asia U-16 terdiri dari 10 grup, yang tiap-tiap juara grupnya berhak melaju ke putaran final di Malaysia pada 20 September sampai 7 Oktober 2018. Lima tiket lagi akan diberikan kepada lima runner-up terbaik di fase ini.

Jadwal dan Hasil Pertandingan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018:

Sabtu, 16 September 2017
Indonesia vs Kepulauan Mariana Utara - Pukul 19.30 WIB - Rajamangala Stadium, Bangkok.
Gol Indonesia: Mochamad Supriadi 8', Amiruddin Bagus 12', 24', dan 41', Rendy Juliansyah 13' dan 21', Supriadi 46' dan 89', Sutan Zico 48', 62', 65', 66', 81', Amanar Abdillah 68', Hamsa Lestaluhu 69', 72', dan 87', dan Andre 90'.

Senin, 18 September 2017
Indonesia 3 - 1 Timor Leste- Pukul 16.00 WIB - Rajamangala Stadium, Bangkok.
Gol Indonesia: Sutan Zico (menit 60', 63', 89')

Rabu, 20 September 2017
Thailand 0-1 Indonesia - Pukul 19.30 WIB - Rajamangala Stadium, Bangkok.
Gol Indonesia: Amanar Abdillah (20')

Jumat, 22 September 2017
Laos 0-3 Indonesia - Pukul 16.00 WIB - Rajamangala Stadium, Bangkok.
Sutan Zico (25' dan 59'), Rendy Juliansyah (90')

Skuat timnas Indonesia U-16

Kiper: Ahludz Dzikri Fikri (ASAD 313, Purwakarta), Ernando Ari Sutaryadi (SSB Bina Bakat, Kalteng Putra), Muhammad Risky Sudirman (SSB Villa 2000)

Belakang: Mochammad Yudha Febrian (SSB Cibinong Putra), Liba Valentino Imwahyusyah (ASIFA, Malang), Muhammad Reza Fauzan (SSB Patriot Panton Labu, Aceh), Ahmad Rusadi (SSB Prima Utama Palaran, Samarinda), Fadilah Nur Rahman (Nagari Ketaping, Padang Pariaman), Miftakhul Septa Anjar Pradika (Apacinti Akademi, Semarang), M. Salman (SSB JFA)

Tengah: Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (PPSM Junior, Magelang), Brylian Negiehta Dwiki Aldama (Gelora Putra, Sidoarjo), David Maulana (PTP W 1, Sumatera Utara), Hamsa Lestaluhu (ASAD 313 Purwakarta), Komang Teguh Trisnanda (Diklat Ragunan), Fatah Aji Pratama (PPLP, DKI Jakarta)

Depan: Miftahul Husyen Rahmatullah (SSB Bromo), Rendy Juliansyah (ASIOP Apacinti), Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri (PPSM Junior, Magelang), Andre Oktaviansyah (SSB Pelita Jaya Soccer School), Mochammad Supriadi (SSB Blue Eagle, Jakarta), Sutan Zico Armando (SSB Bina Taruna, Jakarta), Amanar Abdillah (Tim Pelajar).

Sumber: sport.detik.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top