Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Facebook Jadikan 700.000 Penggunanya sebagai Kelinci Percobaan?-- Facebook diam-diam diketahui melakukan tes psikologi kepada sebagian besar penggunanya sepanjang tahun 2012. Facebook telah menjalankan proyek tersebut pada sekitar 700 ribu penggunanya.

Kejadian ini membuat sebagian besar pengguna dan para ahli merasa kecewa dan marah. Jaringan sosial ini juga menghadapi kritik pedas dari para komentator dan peneliti karena telah melakukan percobaan tanpa sepengetahuan pengguna.
Sebagian besar dari mereka menganggap bahwa aktivitas itu merupakan tindakan yang `menyeramkan`, `jahat`, `menakutkan` dan `super mengganggu`.

"Ini adalah bagian dari riset perusahaan untuk menguji produk berbeda. Kami mengakui bahwa kegiatan ini memang tidak dikomunikasikan dengan baik," kata Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg, seperti dikutip dari Guardian, Senin (7/7/2014).
Untuk itu pihak Facebook langsung menyatakan permohonan maaf kepada para penggunanya. "Mengenai kesalahan ini kami meminta maaf. Kami tidak bermaksud mengecewakan Anda," tambah bos cantik Facebook ini.

Tes psikologi ini sendiri diungkapkan oleh sebuah jurnah ilmiah Prosiding National Academy of Sciences, yang diterbitkan pada Maret 2014. Dalam jurnal tersebut Facebook memantau news feeds penggunanya untuk melihat efek dari posting bernada positif dan negatif dari teman mereka.

Ketika postingan bernada positif dikurangi, pengguna cenderung lebih sedikit mem-posting hal positif dan lebih banyak mem-posting hal negatif, begitu pula sebaliknya. Hasil tes pskilogi ini menunjukkan bahwa tingkat emosi pengguna bisa terpengaruh oleh tingkat emosi yang diekspresikan melalui Facebook.
Facebook sendiri sebenarnya bebas untuk melakukan eksperimen ini. Jika dicermati, dalam kebijakan tertulis, "Pengguna setuju untuk dilakukannya proses analisis data, pengujian, penelititan, dan peningkatan pelayanan".

pekanbaru.tribunnews.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top