Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...


Menyembelih Qurban Bila Mampu

Sahabat Aisyah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Tidak ada suatu amal yang dilakukan seseorang pada hari raya korban yang lebih dicintai Allah kecuali menyembelih binatang korban. Sebab binatang kurban itu pada hari kiamat akan datang dalam bentuk binatang yang sangat sempuma. Dan darah korban mengalir di tempat tertentu di sisi Allah sebelum darah itu mengalir ke tanah. Karena itu, pilihlah binatang korban yang bagus." (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi, yang menurutnya termasuk hadis hasan gharib. Sedang menurut Imam Hakim, termasuk hadis shahih).

-------------------------------------------------------------------------------------

Sahabat Abi Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: "Barangsiapa mempunyai rizki yang banyak hingga kuasa untuk menyembelih korban, sedangkan dia tidak menyembelihnya, maka janganlah dia hadir ke mushallaku." (HR. Hakim sebagai hadis marfu').

-------------------------------------------------------------------------------------

Sahabat Anas bin Malik ra telah berkata: "Rasulullah saw berkorban dengan menyembelih dua ekor kambing besar, dan aku pun menyembelih dua ekor kambing besar pula." (HR. Bukhari).

-------------------------------------------------------------------------------------

Sahabat Barra' ra berkata: Aku telah mendengar Rasulullah saw berkhutbah, seraya bersabda: "Pertama kali yang aku lakukan pada hari ini adalah melaksanakan shalat (hari raya Adha) kemudian pulang, lalu menyembelih korban. Barangsiapa melakukan hal sebagaimana yang aku lakukan, maka berarti dia telah mengikuti sunnahku. Dan barangsiapa me­nyembelih korban sebelum melakukan shalat 'led, maka binatang sembelihan itu termasuk daging biasa (tidak termasuk korban)." Lalu Abu Burdah berkata: "Ya Rasulullah, aku menyembelih korban sebelum shalat 'led, sedang aku masih. memiliki anak kambing kecil yang belum sampai umur untuk korban tetapi lebih baik daripada yang sudah sampai umur." Maka Rasulullah kemudian bersabda: "Sembelihlah kambingmu yang belum sampai umur itu sebagai ganti yang sudah sampai umur. Dan hal itu tidak boleh dilakukan oleh seseorang sesudahmu." (HR. Bukhari).

SUmber: Grup FB Belajar Mencintai Rasulullah SAW dan Sunnahnya.


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top