Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Apakah Kotak Hitam (Blackbox) Itu?-- Kotak hitam atau blackbox adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi - umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang. Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.

Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.

Dalam hal pencarian kotak hitam pesawat Sukhoi Superjet 100 (dikutip dari antaranews.com), Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Tatang Kurniadi, mengatakan bahwa pencarian alat perekam penerbangan (blackbox) yang berwarna oranye pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, hanya berdasarkan warna.
"Kotak hitam punya sinyal disebut finger, jika pesawat jatuh ke laut akan berbunyi dan akan ketahuan, tapi di darat pencariannya hanya berdasarkan warnanya," katanya di Base Ops Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa.

Tatang menyebutkan, baterai finger mampu bertahan selama enam tahun, sedangkan jika jatuh kelaut dan terus berbunyi, maka bertahan selama sebulan.
Ia menegaskan, tim pencari dan penyelamat (Search and Rescue/SAR) gabungan akan terus mencari kotak hitam karena menjadi kunci untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat.

Sukhoi Superjet 100 buatan Rusia tersebut mengalami kecelakaan dalam penerbangan promosi pada Rabu (9 Mei 2012) lalu.

Sumber: wikipedia dan antaranews.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top