Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Tahun Ini Pertama Kali Umat Islam di Seluruh Dunia Puasa Serentak-- TRIBUNSUMSEL.COM - Pertama kali dalam sejarah, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan memulai puasa Ramadan 1436 Hijrah secara serentak pada Kamis (18/6/2015).
Dilansir Mynewshub dikutip dari International Business Times lewat, sejumlah pihak otoritas Agama Islam di benua Eropa, Amerika, Afrika, Australia dan Asia sepakat menetapkan tanggal 1 Ramadan jatuh pada 18 Juni 2015.

Seorang pakar astronomi global, Rohan Roberts kepada Gulf News di Dubai, UAE mengatakan bahwa wujud hilal dapat dilihat secara jelas di ufuk kaki langit pada sore hari tanggal 17 Juni 2015.
“Kira-kira pembentukan bulan baru dapat disaksikan di ufuk barat sekita pukul 19.54 petang di UAE pada Rabu ini, dan ini bermakna hari pertama Ramadan jatuh pada 18 Juni,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan hari raya Idul Fitri akan jatuh di seluruh dunia pada 17 Juli lantaran wujud hilal bulan Syawal diprediksi hanya dapat dilihat dengan jelas menjelang pukul 19.21 malam waktu UAE pada tanggal 16 Juli 2015.
"Keadaan yang sama juga terjadi di negara-negara baik itu di benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika, sedangkan untuk Amerika Serikat penetapan awal Ramadhan merujuk kepada penetapan awal Ramadhan di Arab Saudi, dan semuanya telah menetapkan bahwa awal Ramadhan jatuh pada 18 Juni 2015," tambahnya.

Sementara itu di wilayah Asia Tenggara seperti di, Malaysia, Indonesia, Singapura dan Brunei dilaporkan telah menetatpakan bahwa 18 Juni 2015 adalah awal Ramadhan, hal itu juga berlaku di Thailand dan Filipina.

Sumber: Tribun


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top