Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Semua orang pasti tahu bagaimana kehebatan film Hollywood, selain terkenal dengan sineasnya yang mendunia juga ceritanya yang menarik, dan yang pasti kita bangga dong kalau seandainya nama baik Indonesia terangkat dalam suatu film Hollywood. Tapi bagaimana perasaanmu kalau yang diangkat malah hal-hal yang menjelekkan Indonesia di mata dunia?
Realitanya memang beneran ada kok beberapa film Hollywood yang diduga mencoreng nama baik Indonesia, meski secara sindiran ataupun secara blak-blakan.

Berikut beberapa film Hollywood yang dianggap mencontreng nama baik Indonesia, yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1. Lethal Weapon 4 (1998)
Salah satu film yang secara blak-blakan menghina nama baik Indonesia adalah film "Lethal Weaphon 4" yang disutradari oleh Richard Donner. Dalam film yang dirilis pada 10 juli 1998 ini, terdapat adegan yang melontarkan kata-kata yang menghina Indonesia saat adegan yang menceritakan seorang imigran asal Tiongkok diselundupkan menggunakan kapal yang diatasnamakan Indonesia. "Kapal jelek ini dibuat oleh seorang yang berasal dari Indonesia," katanya.

2. In God's Hand (1998)

Semua orang di dunia pasti tahu Bali, bahkan saking terkenalnya kebanyakan dari wisatawan malah enggak tahu Indonesia, tapi tahunya Bali, gile kan?
Tapi dibalik keindahan pulau dewata, dalam film ini justru sebaliknya, film bertajuk "In God's Hand" ini, Indonesia digambarkan memiliki petugas aparat keamanan yang mudah disuap.
Film yang disutradarai oleh Zalman King itu menceritakan sekelompok pemuda asal Hawaii yang berpetualang ke Bali. Saat sedang berada di Bali, pemuda itu harus berurusan dengan kepolisian Indonesia. Alih-alih ditahan polisi, sekelompok pemuda itu malah lolos dari hukuman karena memberikan uang suap.

3. The Kingdom (2007)

Film yang disutradarai oleh Peter Berg ini berlatar belakang kerajaan Arab ini menceritakan kalau aliran dana kelompok teroris akan mengalir ke Jakarta, yang merupakan ibukota Indonesia.
Mungkin karena Indonesia dikenal sebagai negara berpenduduk muslin terbesar di dunia, makanya film yang dibintangi Jennifer Garner ini bercerita seperti itu.

4. The Year of Living Dangerously (1982)

Gara-gara film ini nih makanya Mel Gibson menjadi aktor terbaik dalam nominasi Piala Oscar, dan karena film inilah karirnya melejit di balik aktingnya di film yang menceritakan carut-marutnya Indonesia pada tahun 1965 yang saat itu dipimpin oleh Presiden Soekarno.
Film ini berkisah tentang seorang wartawan yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi. Tak heran, situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan embel-embel penduduk yang merana karena kelaparan.
Syutingnya sendiri dilaksanakan di Bangkok, karena tidak diijinkan pemerintah di Jakarta. Akibatnya meski ada beberapa dialog menggunakan Bahasa Indonesia, namun karena aktornya adalah orang bangkok, maka ucapannya terdengar aneh di telinga. Adegan yang paling terkenal sewaktu temennya Mel Gibson, Billy Kwan menggantung sebuah spanduk di Hotel Indonesia dengan tulisan "Soekarno Feed Your People".

5. The Sweetest Thing

Film drama komedi romantis Amerika ini secara terang-terangan menghina Indonesia. Dalam salah satu dialog tokoh yang diperankan oleh Cameron Diaz secara enteng berkata, "Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia." Selain itu, waktu Christina Applegate masuk apartemen dan melihat apartemennya berantakan gara-gara Selma Blair, Christina bilang, “this place is a mess like Indonesia”. Jadi, ruangan seperti kapal pecah itu disamakan dengan Indonesia.

6. THE SILENCE OF THE LAMBS

Dalam film yang thriller psikologi yang dibintangi Jodie Foster ini ada adegan dimana di sweater orang yang diculik kanibal itu tertulis “MADE IN INDONESIA”. Apakah image Indonesia sudah sebagai negara yang banyak penculikan atau karena kita produsen tekstil?

7. NEEDFULL THING

Film tentang iblis yang membuat kacau sebuah kota yang damai. Iblis yg mengadu domba seluruh penduduk 1 kota. Pemain utamanya seorang polisi. Di akhir film si iblis bersumpah akan membalas dendam, dengan bekerja sama dengan anak si polisi itu di masa depan (2014), di Jakarta.

Itulah beberapa film Hollywood yang tanpa disadari berisi kata-kata yang 'menghina' Indonesia. Entah sengaja atau tidak, atau apakah ada maksud tertentu, tapi kita sebagai bangsa yang besar tidak perlu membalas, cukup dengan menjunjung tinggi keramah-tamahan yang tidak ada di bangsa manapun.

Sumber: keepo.me


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top