Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Hasil Pertandingan Ujicoba Timnas Indonesia vs Timor Leste: Persiapan AFF Cup 2012--

Indonesia memetik kemenangan tipis 1-0 atas Timor Leste dalam laga ujicoba internasional. Gol tunggal dalam laga itu dibuat oleh Bambang "Bepe" Pamungkas. Di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (14/11/2012) sore WIB, Indonesia, penghuni peringkat 165 FIFA (posisi 29 di zona Asia), dan Timor Leste, penghuni peringkat 187 FIFA (posisi 42 di zona Asia) menyudahi paruh pertama, yang berjalan minim peluang, dengan skor 0-0.

Di paruh kedua, Indonesia tampil lebih agresif seiring dengan sejumlah pergantian yang dilakukan Pelatih Nil Maizar. Gol yang lahir pada menit 67 pun lahir berkat peranan salah satu pemain pengganti itu.
Adalah Jhonny Van Beukering, yang masuk menggantikan Elie pada menit 58, yang berperan di dalam gol yang dicetak oleh Bepe. Meski mencatatkan sederet peluang lainnya, 'Merah Putih' gagal memperbesar keunggulan dan gol Bepe tersebut tetap menjadi pembeda tunggal di laga ujicoba ini.

Jalannya Pertandingan

Shot on goal pertama didapat Timor Leste pada menit 12. Leandro melepaskan tembakan keras yang masih bisa diblok oleh Endra Prasetya.

Indonesia kemudian balas mengancam lewat aksi Bepe. Tetapi tendangan kerasnya dari depan kotak penalti masih bisa dihentikan kiper Emerson.

Ellie Aiboy ganti mencatatkan peluang buat Indonesia melalui sebuah serangan di menit ke-32. Umpan lambung Novan Setya Sasongko berhasil disundul Ellie di depan gawang Timor Leste, tapi masih lemah.

Lima menit sebelum turun minum, kiper Endra kembali diuji melalui shot on goal kedua dari Timor Leste. Bola bisa ditangkap, kedudukan 0-0 pada prosesnya menyudahi babak pertama.

Indonesia langsung menekan di awal babak kedua. Sebuah umpan silang dari sisi kanan pada menit 47 mengarah ke Bepe yang tidak terkawal di depan gawang. Ia mengontrol bola dengan baik lalu menyepaknya, meski masih bisa diamankan kiper.

Peluang Indonesia berikutnya kembali dibuat Bepe, tiga menit berselang dari kans sebelumnya. Kali ini ia melakukan diving header dan mengirim bola melaju deras, meski arahnya masih menyamping dari sasaran.
Peluang berikutnya dari Indonesia hadir pada menit 57. Diawali dari serangan cepat, bola dioper Elie ke Okto di sayap kiri. Setelah itu Okto melepaskan umpan silang yang disambut Vendry Mofu dengan tandukan. Bola masih melayang di atas mistar.

Dua menit berselang, giliran Irfan melepaskan tendangan keras ke arah gawang usai memanfaatkan bola liar. Tapi bola masih bisa dibendung kiper.

Indonesia memimpin pada menit 67. Di kotak penalti, Jhonny Van Beukering, yang masuk menggantikan Elie pada menit 58, melepaskan umpan menyusur tanah ke arah tiang jauh. Kiper gagal menghalau dan Bepe sukses menyambar bola.

Susunan pemain:

Indonesia: Endra; Nopendi (Arthur Irawan 53'), Handi, Wahyu Tanto, Novan (Andik 76'); Elie (Van Beukering 58'), Tonnie Cussel (Taufiq 71'), Vendry (Rasyid Bakrie 84'), Okto; Bepe (Samsul Arif 80'), Irfan

Timor Leste: Emerson; Raul Diaz, Ramon, Wellinto Rocha, Raimundo; Paulo Ribeiro (Oligario Boavida 90'), Jesse Fernando, Adelino (Joao Da Silva 86'), Jose Vide (Jose Fonseca 74'), Nicolau; Leandro (Jose Martins 87')

Apa Kata Pelatih Indonesia?

Pelatih Nil Maizar mengakui permainan tim asuhannya belum sesuai harapan.
"Belum seperti yang kami harapkan. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi. Masih ada satu pertandingan (melawan Kamerun). Mudah-mudahan di situ kami bisa mendapatkan apa yang kami butuhkan untuk di Piala AFF," tutur Nil seusai laga kepada wartawan.
"Saya akan evaluasi tim secara menyeluruh lini per lini. Di babak pertama permainan belum jalan. Tapi apapun kami coba yang terbaik untuk tim. Mudah-mudahan dari laga ini kami bisa mendapatkan gambaran terbaik untuk tim ini di turnamen nanti."

Indonesia akan menghadapi Kamerun, tim peringkat 62 dunia, di GBK pada hari Jumat lusa. Tim Afrika itu akan menurunkan pemain-pemain yang bermain di kompetisi domestiknya.
"Ini jarak pertandingan hanya satu hari, kami akan rapat dulu dengan tim. Recovery pemain antara lain berendam es 3-4 menit. Mungkin besok kami latihan ringan joging, kolam renang di hotel Century untuk mengatur kondisi fisik anak-anak," tambahnya.

Apa Kata Pelatih Timor Leste

Kubu Timor Leste terkesan tidak kecewa kalah 0-1 dari timnas Indonesia dalam pertandingan persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno, Rabu (14/11/2012).

Timor Leste memberi perlawanan yang lumayan terutama di babak pertama. Indikatornya adalah mereka bisa melakukan dua shot on goal, dan pada akhirnya cuma kebobolan satu di pertengahan babak kedua.

"Selamat pada Indonesia atas kemenangan yang diperoleh. Saya bangga dengan pemain-pemain kami karena bisa menampilkan performa yang baik di lapangan," tutur kapten Jesse Fernando setelah pertandingan.

"Walaupun kalah, ini keberhasilkan buat Timor Leste, karena biasanya kami kalah lebih telak. Semoga Indonesia sukses di Piala AFF," sambungnya.

Pelatih Emerson dos Santos pun tidak menyiratkan kekecewaan atas kekalahan timnya. Ia pun merasa senang dengan perlawanan yang dilakukan anak-anak buahnya.

"Saya melihat pertandingan ini menarik dan bagus. Saya hanya kaget dengan sedikitnya penonton. Ini kurang menyenangkan karena laga ini berlangsung menarik," cetusnya.

Dos Santos juga menilai Indonesia bermain cukup bagus, dan pemain-pemainnya pun tampil baik di kedua sayap dan lini tengah.

Timor Leste, yang gagal di babak kualifikasi Piala AFF 2012, menyatakan sedang mencoba meningkatkan kemampuan mereka di sepakbola. Mereka sempat ada di urutan 206 di daftar peringkat FIFA, tapi bulan ini ada di nomor 187.

"Saya optimistis ke depan Timor Leste lebih disegani di Asia Tenggara. Fokus terdekat kami adalah di SEA Games 2013," ucap Dos Santos.

"Lima tahun ke depan Timor Leste akan jadi salah satu tim terbaik di ASEAN," timpal kapten Fernando.

Apa Kata Kapten Tim Indonesia?

Walaupun belum menampilkan permainan yang bagus dalam laga ujicoba melawan Timor Leste, kapten Indonesia Ellie Aiboy menjanjikan performa yang berbeda di Piala AFF 2012.

Indonesia hanya menang tipis 1-0 atas Timor Leste di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/11/2012) sore WIB. Gol tunggal dicetak Bambang Pamungkas di menit 67.

Ellie yang tampil sebagai starter tapi diganti di menit-menit awal babak kedua, mengakui permainan ia dan rekan-rekannya belum seusai harapan. Namun ia tetap optimistis tim akan terus membaik.
"Sebagai kapten, walaupun kami punya penampilan di bawah (form), tapi di Piala AFF nanti kami akan berikan yang terbaik, dan kami yakin bisa," cetus winger berusia 33 tahun itu kepada wartawan seusai pertandingan.

"Apalagi dengan kehadiran tiga pemain naturalisasi, saya lihat mereka bermain baik hari ini. Mudah-mudahan kami bisa memberikan yang terbaik di Piala AFF," tegasnya.
"Pokoknya kami akan manfaatkan waktu yang tersisa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin."

Apa Kata Tiga Pemain Debutan?

Pemain naturalisasi Johnny van Beukering merasa senang di pertandingan pertamanya saat melawan Timor Leste. Ia meminta dukungan suporter lebih banyak.
Pada pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (14/11/2012) sore, Indonesia memetik kemenangan tipis 1-0 atas Timor Leste. Gol tunggal dalam laga itu dibuat oleh Bambang Pamungkas, dari assist Van Beukering.

Pemain berusia 29 tahun itu mengaku sangat senang debut internasionalnya ini. Meski sempat merasa kesulitan, ia mengatakan dirinya sudah mulai bisa beradaptasi dengan permainan tim.
"Saya memang tadi sempat agak kesulitan, karena ini adalah pertandingan pertama saya setelah sembuh dari cedera. Tapi sejauh ini saya sudah mulai bisa beradaptasi dengan tim," ujarnya usai pertandingan.

Ia juga mengaku sangat terkejut dengan dukungan suporter pada dia saat masuk lapangan menggantikan Elie Aiboy di menit 58. Ia berharap suporter Indonesia mau memberikan dukungan lebih besar lagi di ujicoba melawan Kamerun hari Jumat (16/11) lusa.
"Saya berharap pertandingan ujicoba selanjutnya melawan Kamerun, suporter lebih banyak yang datang, karena itu sangat membantu semangat saya," tuturnya.
Selain Beukering, Tonnie Cusell Lilipaly dan Arthur Irawan juga melakukan pertandingan internasional pertamanya di timnas Indonesia. Keduanya tak bisa menutupi rasa senang telah melakoni debutnya itu.

Dalam laga persahabatan melawan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/11/2012) sore WIB, Cusell turun sebagai starter dan menjadi pengatur permainan. Arthur baru main di babak kedua, menggantikan Nopendi di posisi bek kanan.

Kedua pemain tersebut dinilai cukup bagus dalam adaptasi awalnya itu dengan tim, walaupun baru bergabung sekitar satu minggu.

"Saya sangat bahagia. Tentu saya puas dengan hasil ini dan performa saya. Sebenarnya kita bisa lebih banyak gol, karena permainan Timor Leste tidak begitu baik. Mereka hanya punya tinggi badan yang lebih jauh dari kita," ujar Cusell kepada wartawan seusai pertandingan.
"Tapi saya senang, saya berjanji akan lebih baik lagi di ujicoba selanjutnya dan Piala AFF," sambung pemain berusia 29 tahun itu.

Pun demikian dengan Artur. Full back 19 tahun itu mengaku sangat senang dengan kemenangan Indonesia dengan skor 1-0 tersebut, plus karena merasa sudah bisa beradaptasi dengan tim.
"Saya bermain cukup baik. Yang penting kita bisa menang. Saya bisa membantu tim bertahan. Yang penting lawan tidak gol," ucapnya.

"Saya sudah mulai bisa beradaptasi. Yang penting rileks, jadi semua pemain bisa tampil bagus. Saya menilai, kita sudah dapatkan formasi yang tepat," tambah pemain klub Espanyol B itu.

Foto dan berita: http://sport.detik.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top