Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...


Gelaran AFF Suzuki Cup 2010 sudah selesai. Meski begitu, ada lima pemain yang tidak bisa banyak bersantai karena mereka dipersiapkan masuk tim SEA Games 2011. Sea Games 2011 akan diadakan di Palembang-Jakarta, Indonesia tanggal 11-25 November 2011. Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara (Southeast Asian Games) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Peraturan pertandingan di SEA Games di bawah naungan Federasi Olahraga Asia Tenggara (Inggris: Southeast Asian Games Federation) dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Kelima pemain yang dipersiapkan itu adalah Johan Juansyah, Yongki Aribowo, Oktavianus Maniani, Irfan Bachdim dan Kurnia Meiga. Mereka akan bergabung tanpa melalui seleksi yang akan dilaksanakan pada 6 Januari 2011.

"Dari tim yang sekarang yang masuk ke tim U-23 ada Johan, Yongki, Okto, Irfan dan Kurnia Meiga," kata Iwan Budianto, asisten manajer timnas AFF. Kelima pemain tersebut memang masih berusia di bawah 23 tahun.

Nantinya, tim yang juga dipersiapkan untuk mengikuti SEA Games 2011 dan Pra-Olympiade 2012 itu juga bakal diarsiteki oleh Alfred Riedl.

"Riedl tetap bekerja dengan timnas, kan kontrak dia sampai SEA Games nanti," ujar Iwan.

Untuk pemain-pemain senior, tidak ada agenda penting hingga bulan Mei tahun depan. "Yang senior akan dikumpulkan lagi Mei nanti untuk Pra-Piala Dunia 2014," demikian Iwan.

Badan Tim Nasional (BTN) sendiri mengklaim sudah memiliki 52 nama calon timnas U-23. Bahan baku skuad muda Merah Putih tersebut berasal dari Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama. Rinciannya, ISL menyumbangkan 81% calon amunisi timnas U-23 lalu sisanya berasal dari Divisi Utama. Selain itu, timnas juga memberikan peluang bagi amunisi naturalisasi Kim Jeffry Kurniawan mengikuti seleksi. Selain itu, hal yang sama juga berlaku bagi calon pemain naturalisasi yang bernama Arthur dan dan James Saragih. Arthur adalah amunisi tim junior klub Inggris, Preston North End. Sedangkan James adalah pesepakbola berusia 19 tahun ini berayahkan warga Indonesia dan ibu Amrik. Saat ini ia bermain di klub lokal New York.
”Kalau proses naturalisasi Artur selesai, dia bisa ikut seleksi. Kami juga sedang menunggu tiga atau empat nama dari Belanda yang juga akan dinaturalisasi. Tapi, semua kembali pada BTN,” ujar Pikal.

Alfred dan stafnya bakal segera berkumpul karena pada 7 Januari harus memulai pelatnas timnas U-23. Tim ini akan dipersiapkan untuk tampil di Pra-Olimpiade. Indonesia akan menghadapi Turkmenistan di partai kandang pada 23 Februari. Setelah itu Tim Merah-Putih akan bertandang ke Turkmenistan pada 9 Maret.

Seperti saat membentuk timnas senior, Alfred akan menggelar seleksi sebanyak dua sesi. Bedanya, kedua sesi ini akan digelar di Jakarta. Sebanyak 52 pemain dari klub ISL dan Devisi Utama akan dipanggil untuk datang mengikuti seleksi. Diharapkan mereka sudah berada di Jakarta sebelum tanggal 7 Januari.

Pemain yang bergabung dalam timnas Pra-Olimpiade ini akan menjadi kerangka timnas yang akan diturunkan di SEA Games 2011. Di ajang ini, PSSI menugaskan Alfred untuk membawa timnas merebut mendali emas.

Pelatnas untuk SEA Games akan dimulai pada awal Maret. Ada kemungkinan Alfred akan membawa timnas untuk melakukan pelatnas di Austria pada bulan April-Mei.
"Sudah ada sekitar 10 tim yang siap untuk jadi lawan uji coba di Austria kalau timnas jadi melakukan pelatnas disana," kata Pikal.


Berikut Jadwal Lengkap Timnas U-23:

7-8 Januari: Seleksi Tahap 1
11-13 Janiari: Seleksi Tahap 2
17 Januari: Mulai Latihan Pelatnas
23 Februari: Pra Olimpiade vs Turkmenistan (kandang)
9 Maret: Pra Olimpiade vs Turkmenistan (tandang)
Maret: Mulai pelatnas timnas U-23 SEA Games
April-Mei: Pelatnas di Austria

Sumber rujukan:
- BolaIndo.com
- Detiksport.com

Baca juga:
# Timnas Menang di GBK, Tapi Malaysia Juara
# Curhat Bepe Setelah Kekalahan di Leg 1
# Pelajaran Berharga di Bukit Jalil
# Agenda Timnas yg Diduga Biang Kerok Kekalahan
# Vitamin Bernama Naturalisasi
# Sepak Terjang Timnas di Semifinal
# Nasionalisme Pendukung Timnas
# Sepak terjang timnas di penyisihan Grup


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top