Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Mengenali Gejala (Tanda-tanda) Mobil Harus Spooring dan Balancing
Buat yang hobi melihara mobil bekas, suatu ketika mungkin akan pernah mengalami mobil yang maunya belok ke kiri terus atau ke kanan terus. Hal ini dikarenakan memang bermasalah dengan kaki-kaki mobil Anda. Demikian juga mungkin Anda pernah mengalami ketika habis melahap gajrukan, mobil mbanting ke satu arah, baik kiri atau kanan. Yup bila mengalami hal ini berarti mobil anda harus segera Spooring.

Apa itu Spooring?

Spooring dapat diartikan sebagai pelurusan, sehingga jika diterapkan pada mobil berarti usaha untuk meluruskan kembali kedudukan keempat roda mobil sesuai dengan kriteria dan type ban mobil. Meski dibilang ke 4 ban mobil, tapi biasanya yang diubek tukang spooring adalah dua roda depan. Sementara dua roda belakang serahkan ke bengkel perbaikan mobil,ubakn bengkel khusus spooring.

Kapan harus spooring?

Bila mobil anda mengalami pergantian part macem blajoint, sayap, dan beberapa part lain yang berhubungan dengan steer, maka harus dilakukan spooring untuk menjaga keseimbangan kemudi. Selain itu, mobilpun juga kan semakin boros dan tarikan menjadi berat karena gesekan lebih besar sebagai akibat dari arah roda yang tidak singkron dan seimbang. Mengemudipun rasanya tidak enak bialmalas spoorig.

Gejala mobil harus spooring!

Gejala gejala kendaraan yang timbul sehingga memerlukan spooring selain dua faktor yang telah ditulis dalam paragraf pertama di atas adalah sebagai berikut :

1.Alur ban atau kembang ban kedua roda depan mobil anda tidak sama tebal atau pengikisan permukaan ban tidak rata ( tipis di salah satu pinggirnya ). Hal ini dapat terjadi pada salah satu roda atau kedua duanya.
2.Cobalah periksa keasusan ban mobil Anda, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil Anda, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut.
3.Ketika mobil parkir ditempat yang datar, maka ada roda yang berdiri miring, namun sebelumnya pastikan tekanan angin pada roda belakang sama dan demikian juga tekanan angin pada roda depan.
4.Ketika roda belakang anda tidak lurus dengan roda depan pada posisi lurus ke depan. Anda dapat melihatnya dari sekitar tiga meter dari belakang. Atau anda dapat menggunakan seutas tali.
5.Ketika roda belakang anda telah bergeser dari tempatnya semula baik kekiri maupun kekanan.
6.Pada saat mobil Anda melaju lurus kedepan, apakah Anda merasakan suatu belokan dengan sendirinya walaupun tanpa adanya perubahan kendali setir. Jika mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan tanda adanya masalah spooring.
7.Kondisi setir yang yang tak nyaman bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.
8.Pada saat Anda membelokkan mobil, apakah Anda merasa adanya goncangan padahal kondisan jalan yang bagus.
9.Apabila Anda merasa mobil yang Anda kendarai berjalan miring, ini tandanya mobil Anda sudah cukup parah tingkat keseimbangannya.
10.Apakah terjadi getaran pada setir yang menggangu kenyamanan Anda saat menyetir. Roda depan yang punya hubungan langsung dengan setir dan bertugas lebih ekstra memungkinkan keausan ban lebih cepat disbanding roda belakang.

Apa itu balancing?
Balancing berarti keseimbangan. Sehingga balancing mobil berarti usaha untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil.

Kapan harus Balancing?
- Saat ganti ban.
- Saat kilometer tertentu sesuai standar pabrik.
- Ketikan ban diarasa limbung atau berdengung.

Sumber: bonsaibiker.com, rumahtips.ga


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top