Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Rezeki merupakan suatu perkara yang Allah berikan kepada setiap orang. Seperti halnya jodoh dan kematian, rezeki pun menjadi sebuah rahasia Allah yang tidak bisa kita terka. Meski sudah bekerja keras dan berusaha, tetap saja hasil akhirnya Allah yang menentukan.

Bahkan, tidak jarang walau sudah berusaha optimal dalam mendatangkan rezeki, namun rezeki yang ditunggu tidak kunjung datang kepada kita.

Meskipun rezeki sudah ada yang mengatur, namun Allah tidak serta merta mendatangkannya begitu saja. Ada yang datangnya mudah, ada pula yang harus menunggu sangat lama. Ternyata, ada beberapa amalan yang dapat Anda lakukan untuk menjemput dan menggapainya.

Berikut tujuh amalan yang dapat memperlancar rezeki:

Bersyukur
Sikap bersyukur merupakan merasa cukup atas apa yang telah kita terima. Memang sepertinya mudah, namun banyak orang yang susah untuk bersyukur. Hal ini telah Allah abadikan dalam Al Qur’an.

Sifat manusia memang tidak pernah puas akan sesuatu sehingga saat ia telah mendapatkan apa yang diinginkan, ia pun akan meminta yang lebih lagi tanpa mengingat rasa bersyukur atas pemberiannya tersebut. Ia telah lupa untuk menghargai apa yang telah ia dapatkan selama ini.

Rasa bersyukur tidak selalu diarahkan pada rezeki yang kasat mata, namun bersyukur juga harus diaplikasikan pada sesuatu yang telah ada dalam diri berupa kesehatan.

Sebagaimana firman Allah: “Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) Maka sesungguhnya adzabKu sangat pedih,” (QS Ibrahim 7).

Istiqomah Salat Dhuha
Salah satu salat yang telah Allah janjikan untuk mendapatkan rezeki adalah salat dhuha. Salat yang dilakukan saat menjelang siang ini memiliki pilihan jumlah rakaat. Ada yang 2 rakaat hingga 12 rakaat.

Dalam salat tersebut terdapat sebuah permintaan rezeki yang jika dilakukan secara istiqomah maka besar kemungkinan Allah akan melancarkan rezekinya bahkan dari arah yang tidak disangka-sangka.

Menghormati Orang Tua
Apa hubungannya antara rezeki dengan patuh kepada orang tua?. Hal ini karena keridhaan Allah tergantung ridha orang tua dan murkanya Allah tergantung murka orang tua. Dengan mematuhi dan menghormati mereka, Allah akan memberikan keridhaan kepada kita.

Apalagi jika kedua orang tua terus memanjatkan doa kebaikan kepada kita selaku anaknya. Namun, lakukanlah dengan penuh keikhlasan dan rasa kasih sayang. Jangan sampai saat rezeki belum datang juga, penghormatan kita pun menjadi hilang.

Menikah
Banyak para Ustadz yang menyarankan agar setiap muslim untuk segera menikah jika ingin dilancarkan rezekinya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?. Ternyata, pernikahan mendatangkan keberkahan dan menjadi penyempurna agama dalam diri setiap manusia.

Saat dilangsungkannya pernikahan, otomatis dua keluarga besar akan mendoakan kebaikan dan keberkahan kepada pasangan tersebut. Bahkan tamu undangan pun akan melakukan hal yang sama.

Sama halnya dengan menikah, memiliki banyak anak pun akan menjadi sebuah keberkahan tersendiri. Allah telah menjanjikan bahwa setiap yang ada di muka bumi ini telah Allah siapkan rezekinya. Yang terpenting adalah kita mampu membawa keluarga kita dalam aturan yang telah Allah tetapkan. Jangan sampai memiliki banyak anak namun malah menelantarkan mereka tanpa ilmu agama.

Rumah tangga akan semakin berkah manakala pasangan suami istri mampu menyelaraskan ibadah secara bersama-sama. Misalnya, bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan salat tahajud bersama dan memanjatkan doa kebaikan bersama-sama. Atas idzin-Nya, Allah akan mengabulkan permohonan kedua pasangan beriman tersebut.

Rutin Berdzikir Istigfar
Setiap manusia tidak lepas dari yang namanya dosa dan salah. Dengan mengucapkan istigfar, maka Allah akan menghapus kesalahan dan dosa kita. Dosa yang bertumpuk akan menghambat rezeki yang telah Allah siapkan. Sehingga sungguh logis (masuk akal) jika kita memohon ampun kepada Allah dan hasilnya adalah Allah akan melancarkan rezeki kita.

Allah berfirman: “Maka aku katakan kepada mereka “Mohon ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan hujan kepadamu dengan lebat dan memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula untukmu didalamnya sungai-sungai,” (QS Nuh 10-12).

Jadi, dengan bertaubat serta terus mengucapkan istigfar, rezeki yang terhambat pun lambat laun akan dilancarkan.

Berselawat
Berselawat merupakan salah satu tanda cinta kasih seorang umat kepada Nabinya. Allah telah memberikan keterangan didalam Al Qur’an bahwa setiap muslimin harus berselawat atas Rasulullah. Dengan melakukan selawat, keberkahan akan datang secara sendirinya atas idzin Allah.

Untuk itu, jadikanlah selawat sebuah rutinitas dalam setiap dzikir kita. Tentunya selawat yang telah dianjurkan oleh Rasulullah sendiri dalam hadis-Nya.

Sedekah
Sekilas memang seperti sebuah kerugian apabila kita yang ingin mendapatkan rezeki justru diperintah untuk bersedekah. Namun, itulah sebuah ketetapan dari Allah. Bahkan ini sangat logis dengan ungkapan, “jika kita tidak memberi, maka kita pun tidak menerima”.

Beberapa Ustadz pun terus mendakwahkan agar sedekah menjadi sebuah kebiasaan untuk mencapai kehidupan yang bahagia dan lancarnya rezeki. Banyak yang telah merasakan bagaimana sedekah dapat melipat gandakan rezeki yang dimiliki menjadi beratus kali lipat.

Itulah 7 amalan yang bisa dilakukan untuk memperlancar rejeki. Kerjakanlah dengan rutin dan niatkan dengan ikhlas untuk mengharap kepada Allah saja. Semoga Allah selalu mensejahterakan kita semua dan menyelamatkan kita dari kemiskinan yang berujung pada kekufuran.

Sumber: pintarin.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top