Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Tips Menghemat Konsumsi BBM Mobil-- Menghemat bahan bakar dan meminimalisasi dampak pencemaran lingkungan ternyata bisa dilakukan dengan cara mengendarai mobil yang baik. Bahkan, dengan cara ini konsumsi BBM bisa dihemat sampai 15 persen!

Candra Sigit Bujana selaku Service Representative PT Sun Motor Indosentra Trada mengatakan hal-hal kecil seperti menekan pedal gas saat pertama kali mobil berjalan bisa hemat BBM 11 persen. Caranya tidak dengan menekan gas secara mendadak.
"Akselerasi perlahan dengan akurasi 20 km/jam saat memulai, bisa mengurangi konsumsi bahan bakar 11 persen," kata Candra kepada detikOto.

Selain itu pengendara mobil terkadang lupa menyetel pendingin mobil dengan suhu terdingin terlalu lama padahal suhu di dalam mobil sudah dingin. Candra menjelaskan, dengan menjaga temperatur sekitar 25 derajat celcius maka bisa menghemat bahan bakar sekitar 12 persen.
"Mengurangi suhu terlalu dingin di kabin mobil. Jika menggunakan suhu 25 derajat maka menghemat penggunaan bahan bakar sekitar 12 persen," terangnya.

Selain itu dengan pengereman melalui engine brake juga bisa menghemat bahan bakar, yaitu dengan memindahkan persneling perlahan untuk mengerem. Candra juga menjelaskan, ketika memanaskan mobil juga tidak perlu lama-lama.
"Kadang ada yang manasin mobil terus ditinggal mandi. Sebenarnya cukup 3 menit. Mobil menggunakan 130 cc bahan bakar saat mesin idling selama 10 menit. Apalagi sekarang injeksi. Kalau berhenti di mini market atau apapun sebisa mungkin matikan mesin," tandasnya.
Dengan penghematan bahan bakar, lanjut Candra, otomatis gas buang yang dikeluarkan mobil bisa berkurang sehingga meminimalisasi pencemaran lingkungan.

Pabrikan mobil asal Jepang Mitsubishi punya cara singkat bagaimana agar mobil bisa hemat BBM. Setidaknya cara itu sangat mendasar dan bisa dilakukan tanpa banyak teori. Berikut caranya.

1. Periksa kendaraan Anda dengan teliti sebelum pengoperasian (digunakan).
2. Panaskan mesin sampai jarum petunjuk temperatur air mulai bergerak.
3. Injak pedal gas secara perlahan-lahan.
4. Biasakanlah berjalan dengan kecepatan konstan (60 km/jam).
5. Usahakan kecepatan merata. Jangan naik turun secara berlebihan.
6. Hindari pengereman mendadak.
7. Usahakan sedapat mungkin menggunakan gigi tinggi ketika berjalan.
8. Tekanan angin ban harus standar bawaan pabrik. Tekanan rendah (tidak standar) akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar.
9. Posisi muatan dalam perjalanan diusahakan tidak menghalangi atau melawan hembusan angin.
10. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin dan hindari jalan macet.

oto.detik.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top