Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Status Facebook yang kita tulis, tidak semata curhat tentang apa yang kita pikirkan. Status FB juga bisa dijadikan sarana berbagi ilmu dan informasi tentang hal tertentu. Selain itu pula, status FB juga bisa dijadikan sarana berbagi pahala.

Berikut status FB yang bisa kita tulis berkenaan dengan malam Nisfu Sya'ban:

Nabi Muhammad Saw bersabda : "Sya'ban adalah bulanku dan Romadhon adalah bulan umatku. Sya'ban adalah penebus dosa dan Romadhon adalah bulan yang mensucikan" (Al-Hadits).

Dceritakn bahwa Ibnu Abiy As-Shoif al-Yamaniy brkta bhwa Ssungguhnya Sya’ban adlh bulan sholawat kpd nabi SAW, krn ayat “innalloha wa malaaikatahu yusholluna ‘alan nabiy..” dtrunkan pd blan itu. Krn itu prbyklah sholawat di bln ini.

Al-Imam As-Subkiy berkata bahwa amalan di mlm nishfu Sya’ban mghapus dosa stahun, mlm Jumat mghapus dosa sminggu, dan Lailatul Qodr mghpus dosa seumur hidup.

Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Sya’ban mengawasi seluruh makhluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu Majah)

Diriwayatkan kapadaku bahwa Sahabat Nabi Usamah bin Zaid.ra berkata kepada Nabi SAW, “Ya Rasulullah, aku belum pernah melihat engkau berpuasa di bulan lain lebih banyak dari puasamu di bulan Sya’ban.”

Kata Nabi, “Bulan Sya’ban sring dilupakan org, krn diapit oleh bln Rajab dan Ramadhan, pdahal pd bln itu, diangkat amalan2 (dan dilaporkan) kpd Tuhan Rabbil Alamin. Krnnya, aku ingin agar swktu amalanku dibw naik, aku sdg berpuasa.” (HR Ahmad dan Nasai - Sunah Abu Dawud).

Aisyah RA brcrita bhw pd suatu mlm dia khilangan Rasulullah SAW, ia kluar mcr n akhirx mnemukn beliau di pkuburn Baqi’, sdg mnengdahkn wjhnya ke langit. Beliau brkta, “Ssngguhx Allah Azza Wajalla trun ke langit dunia pd mlm Nishfu Sya’ban n mngampuni (dosa) yg byknya mlebihi jlh bulu domba Bani Kalb.” (HR Turmudzi, Ahmad dan Ibnu Majah)

Dirwyatkn dr Ali bin Abi Thalib bhwa Rasulullah SAW brsbda, “Jka mlm Nishfu Sya’ban tiba, mk shalatlah di mlm hari, brpuasalh di siang harix, krn ssgghx pd mlm itu, stlh mthr trbnm, Allah trun ke lngit dnia n brkta, ‘Adkh yg bristighfr kpd-Ku, lalu Aku mngmpnix. Adkh yg mmhn rzeki, lalu Aku mbrx rzki. Adkh yg trtimpa bala’, lalu Aku mylmtknx, dll, dmkian strusx hgga trbitx fajar.” (HR Ibnu Majah).


Kumpulan dari status FB
Penjelasan tentang Nisfu Sya'ban:
Nisfu Sya'ban berasal dari kata Nisfu (bahasa Arab) yang berarti separuh atau pertengahan, Sya'ban adalah nama bulan ke-8 dalam kalender Islam. Dengan demikian nisfu sya'ban berarti pertengahan bulan Sya'ban. Pada malam ini biasanya diisi dengan pembacaan Surat Yaasiin tiga kali berjamaah dengan niat semoga diberi umur panjang, diberi rizki yang banyak dan barokah, serta ditetapkan imannya.
Setelah pembacaan Surat Yaasiin biasanya diteruskan dengan salat Awwabin atau salat tasbih. Setelah itu biasanya dilanjutkan dengan ceramah agama atau langsung makan-makan.
Peringatan Nisfu Sya'ban tidak hanya dilakukan di Indonesia saja. Al-Azhar sebagai yayasan pendidikan tertua di Mesir bahkan di seluruh dunia selalu memperingati malam yang sangat mulia ini. Hal ini karena diyakini pada malam tersebut Allah akan memberikan keputusan tentang nasib seseorang selama setahun ke depan. Keutamaan malam nisfu Sya'ban diterangkan secara jelas dalam kitab Ihya' Ulumuddin karangan Imam Al-Ghazali. Wikipedia

Arsip terkait sebelumnya:
Marhaban Ya Sya'ban


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top