Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Wawasan | Sejarah Kutai dan Borneo--- Pada awalnya, Kalimantan dikenal dengan nama Borneo. Sebagai pulau nomor tiga terbesar di dunia (Sesudah Greenland dan Papua). Borneo muncul di abad kedua berkat tulisan ahli geografi Yunani, Ptolomeus. Potensi alamnya, yang nyaris tidak terbatas, menempatkan borneo sebagai gudang bahan mentah berbagai macam komoditas dunia.

Dalam perkembangannya, pulau tersebut kemudian disebutkan oleh laporan perjalanan orang-orang Cina. Bahkan, nama Kutai berawal dari sebutan Cina, Kho Thay yang arti harfiahnya "kota besar". Kutai juga tercatat dalam Negarakertagama, buku kuno buatan tahun 1365 di Majapahit. Selain itu, ketika Ibnu Batutah, pelaut asal Maroko, menjelajah lautan dengan berlayar ke timur, dalam catatannya dia menulis, "Kami harus menunggu angin bertiup di Pulau Moel Jawa".

Kini, sudah sekian abad berlalu, nama tersebut masih dikenal sebagai muara Mahakam, yaitu Muara Jawa. Ketika kawasan Muara Kaman menjadi pusat pemerintahan, banyak orang asing berdatangan. Tidak aneh bila ditemukan juga sejumlah makam Cina kuno di situs tersebut. Di sana ada nisan kayu bertuliskan: Liem Gho Koey. lnilah makam utusan Cina. Asal tahu saja, keluarga Liem sejak dulu juga sudah tertarik datang ke Kutai.

Foto: Google


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top