Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Musim lalu, 2014, Persipura mampu masuk ke babak semifinal Piala AFC. Nah, di tahun ini, runner up ISL 2014 ini menargetkan raihan tertinggi sebagai juara di ajang kasta kedua kompetisi antar klub tingkat Asia itu. Di musim 2015 ini, Persipura memulai kiprah dengan manis. Di laga perdana bertandang ke Singapura, mereka mengalahkan Warriors FC 3-1 di Stadion Jalan Besar pada 24 Februari.

Di pertandingan ke-2, saat menjadi tuan rumah di stadion Mandala Jayapura, mereka mampu mengandaskan wakil India, Bengaluru FC dengan skor 3-1, Selasa (10/3/2015) sore. Gol-gol tuan rumah dicetak Ian Louis Kabes (1 gol) dan Robertino Pugliara (2 gol).

Di pertandingan ketiga, Persipura Maziya Sports & Recreation di Maladewa pada 17 Maret. Bersatatus sebagai tim tamu, Persipura menang 2-1. Gol diciptakan oleh Boaz di menit ke-35 dan Lancine Kone di menit ke-76.

Di laga keempat, Persipura gagal menyarangkan gol ke gawang tamunya, Maziya Sports & Recreation. Pertandingan berakhir imbang 0-0. Pada laga yang berlangsung di Stadion Mandala, Selasa (14/4) sore WIT, Persipura tampil dominan sejak awal. Boaz Solossa dkk. menargetkan diri untuk meraih poin penuh. Namun, hasil imbang 0-0 ini pun sudah cukup untuk membawa Persipura lolos dari Grup E. Saat ini, Persipura memimpin klasemen sementara dengan nilai 10, sementara Maziya berada di urutan ketiga dengan nilai 4.

Di pertandingan kelima, Persipura memastikan diri melangkah ke babak 16 besar Piala AFC. Tim 'Mutiara Hitam' menang telak 6-0 atas Warriors FC. Dalam pertandingan di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (28/4/2015), Persipura unggul 2-0 di paruh pertama. Tim tuan rumah yang tampil dominan kemudian menambah empat gol lagi di babak kedua untuk memastikan kemenangan atas wakil Singapura itu.

Dengan tambahan tiga poin dari laga ini, Persipura yang belum pernah kalah kokoh di puncak klasemen Grup E dengan 13 poin dari lima laga. Tiket ke babak 16 besar pun sudah pasti digenggam oleh tim arahan Osvaldo Lessa itu.
Namun Persipura belum dipastikan lolos sebagai juara grup atau runner-up. Mereka masih harus bersaing dengan Bengaluru FC (9 poin).

Sekilas tentang Persipura
Persatuan Sepak bola Indonesia Jayapura (disingkat Persipura Jayapura) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang bermarkas di Jayapura, Papua. Prestasi tertingginya hingga kini adalah menjadi empat kali juara Liga Indonesia dari tahun 2005 hingga 2013[1]. Di era Perserikatan, prestasi Persipura adalah runner-up Divisi Utama (1980) dan dua kali juara Divisi I (1979 dan 1993). Persipura juga dikenal sebagai klub bola yang melahirkan pemain lokal yang berkualitas internasional seperti Boaz Solossa, Ardiles Rumbiak, Chris Yarangga, Christian Warobay, Erol Iba, Gerald Pangkali, Jack Komboy, Yohanes Auri, Stevie Bonsapia, Titus Bonai, Jendri Pitoy, Eduard Ivakdalam, Ricardo Salampessy dan Patrick Wanggai (Selengkapnya, baca Wikipedia).

Sekilas tentang Piala AFC
Piala AFC (bahasa Inggris: AFC Cup) adalah kompetisi sepak bola internasional tahunan antara klub se-Asia yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kompetisi ini adalah kompetisi antarklub tertinggi kedua di Asia setelah Liga Champions AFC. Piala AFC ditujukan untuk negara - negara berkembang (bahasa Inggris: 'developing nations') sebagaimana yang tercantum dalam dokumen Vision Asia.

Piala AFC mengalami perubahan regulasi tim dan kompetisi pada musim 2009:
- Untuk pertama kalinya dalam sejarah, tim dari Irak dan Kuwait akan mengikuti kompetisi Piala AFC. Klub Suriah kembali tampil setelah memenangi kompetisi pertama pada 2004.
- Tim lainnya adalah Yordania, Bahrain, Oman, Lebanon, Yamen, India, Hong Kong, Malaysia, dan Maladewa. Setiap negara memiliki 2 tempat, sedangkan Singapura, Thailand, dan Vietnam akan mendapat tambahan satu tim selain klub mereka yang bermain di babak play-off Liga Champions AFC.
- Total 32 tim akan mengikuti kompetisi (20 dari Asia Barat dan India, dan 12 dari Asia Timur).
- Tim-tim akan dibagi ke dalam 8 grup. 5 grup berisi tim Asia Barat dan 3 grup berisi tim Asia Timur.
- Dua tim dari setiap grup akan lolos ke babak 16 besar dan akan memainkan satu pertandingan dengan menggunakan sistem gugur.
- Babak perempat final, semi final, dan final akan dimainkan dalam dua putaran.

Sumber-sumber: wikipedia, sport.detik.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top