Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Sinopsis Film Sang Kiai (2013)-- Film Sang Kiai adalah Film Indonesia bergenre drama yang disutradarai oleh Rako Prijanto dan dibintangi oleh Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken.. Film ini menceritakan tentang Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, seorang pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama dari Jombang, Jawa Timur. Film Sang Kiai rilis pada 20 Desember 2013 yang lalu.

Sang Kiai bercerita tentang penjajahan Jepang Tahun 1942 yg melarang pengibaran bendera merah putih, melarang lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat Indonesia untuk melakukan Sekerei.

K.H. Hasyim Asy'ari (Ikranegara), seorang tokoh besar agamis saat itu menolak untuk melakukan Sekerei karena beranggapan bahwa tindakan itu menyimpang dari akidah agama Islam, karena sebagai umat Islam hanya menyembah kepada Allah SWT. Karena tindakannya yang berani itu, Jepang menangkap K.H. Hasyim Asy'ari.

K.H. Wahid Hasyim (Agus Kuncoro Adi) salah satu putra beliau mencari jalan diplomasi untuk membebaskan K.H. Hasyim Asy'ari. Berbeda dengan Harun (Adipati), salah satu santri K.H. Hasyim Asy'ari yang percaya cara kekerasanlah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Harun menghimpun kekuatan santri untuk melakukan demo menuntut kebebasan K.H. Hasyim Asy'ari. Tetapi Harun salah karena cara tersebut malah menambah korban jiwa.

K.H. Wahid Hasyim dapat melakukan perundingan terhadap pihak Jepang dan K.H. Hasyim Asy'ari berhasil dibebaskan. Pada masa ini K.H. Hasyim Asy'ari menikahi Harun dengan Sarinah (Meriza Febriani Batubara) gadis yang dicintainya.
Jepang menggunakan Masyumi sebagai propaganda mendekati umat Islam yang berada di Indonesia untuk menggalakkan bercocok tanam. Bahkan melalui seruan di Masjid dalam setiap sholat Jum'at. Jepang meminta hasil bercocok tanam tersebut disetorkan ke pihak Jepang.

Pemain:
Ikranagara sebagai KH Hasyim Asy'ari
Christine Hakim sebagai Masrurah/Nyai Kapu
Agus Kuncoro sebagai KH Wahid Hasyim
Adipati Dolken sebagai Harun
Meriza Febriyani Batubara sebagai Sari
Dimas Aditya sebagai Hamzah
Royham Hidayat sebagai Khamid
Ernestsan Samudera sebagai Abdi
Ayes Kassar sebagai Baidhowi
Dayat Simbaia sebagai KH Yusuf Hasyim
Dymas Agust sebagai KH Mas Mansur
Andrew Trigg sebagai Brigadir Mallaby
Arswendi Nasution sebagai KH. A. Wahab Hasbullah
Norman Rivianto Akyuwen sebagai kang Solichin

Sutradara: Rako Prijanto
Durasi: 120 Menit


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top