Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Sinopsis Serial India Gangaa (SCTV)-- Gangaa adalah Serial India bergenre drama yang dibintangi oleh Ruhana Khanna, Hiten Tejwani dan Gungun Uprari. Serial ini menceritakan tentang seorang janda dengan semangat gigih. Serial yang merupakan salah satu drama dengan rating tinggi di India ini tidak hanya dapat dinikmati di negara asalnya, tetapi juga di Inggris.

Jika drama-drama Bollywood sebelumnya hanya mengangkat cerita cinta, sejarah kepahlawanan dan keluarga, serial ini mengangkat isu sosial tentang perbedaan kasta serta hak-hak yang dipasung bagi kasta tertentu. Gangaa adalah salah satunya. Sebagai seorang anak yang terlahir di kasta terbawah, yakni Sudra, ia menjalani sebuah ritual yakni menikah di usia 5 tahun. Hal ini masih sering terjadi di India meski sudah tidak sesering dulu lagi. Di India, wanita menikah atau anak yang sudah dinikahkan, lalu menjadi janda, akan dikutuk dan dikucilkan. Menurut kepercayaan mereka, melihat wajah janda di pagi hari, baik yang dewasa maupun anak-anak, akan membuat mereka terkutuk seumur hidup.

Kisah Gangaa memang bukan kisah nyata. Namun ada ribuan anak di negara tersebut yang mengalami hal serupa. Beberapa dari mereka beruntung karena dapat berjuang untuk kehidupannya, dengan menimba ilmu secara sembunyi-sembunyi. Namun lebih banyak para ‘janda kecil’ yang harus dikucilkan hingga mereka tua dan meninggal tanpa dikubur secara layak. Mereka pun harus digundul dan mengenakan kain sari berwarna merah.

Namun, sosok Gangaa disini bukanlah sosok cengeng yang pasrah pada nasib. Faktanya, banyak gadis kecil di India bernasib serupa namun tidak dapat berbuat banyak karena rasa takut dikucilkan, bahkan dibakar oleh massa apabila keberadaannya dianggap menganggu. Namun, Gangaa memiliki karakter kuat, selalu berjuang demi haknya. Ia tidak ingin berjuang untuk dirinya sendiri, tetapi juga bagi mereka yang mengalami nasib serupa dengan dia.

Gangaa tinggal dengan ayahnya di sebuah desa kecil bernama Chandapur. Gangaa merupakan tipe anak yang menyukai layang-layang. Karena layang-layang juga, ia mendapat hadiah uang senilai seribu rupee untuk Ganga tapi ayahnya meminta Gangaa untuk tidak menerima uang itu.

Gangaa akan menikah dengan seorang anak laki-laki. Tapi ia enggan untuk meninggalkan ayahnya, hingga akhirnya ayah mertua gangga membuktikannya. Karena suatu kejadian, Ganga harus kehilangan ayah dan suaminya yang meninggal.
Rasa sedih yang dialami Gangaa membuatnya melarikan diri dari kamp. Saat sedang berlari, Gangaa bertemu dengan Niranjan Chaturvedi (Hiten Tejwani). Niranjan meminta asistennya untuk membawa Ganga ke panti asuhan Kidwai. Ternyata di panti asuhan tersebut, ia juga tidak diperlakukan dengan baik dan dipaksa mengemis.

Gangaa mencoba untuk melarikan diri dan dalam pelariannya kembali bertemu dengan Niranjan, Niranjan memutuskan untuk membawanya ke rumahnya. Ibu Niranjan Babu Kanta Dadi (Sushmita Mukherjee) adalah pemilik Kanya Puja, disana ibu Niranjan ternyata juga tidak suka dengan keberadaanya setelah mengetahui Gangaa adalah seorang janda.

Akhirnya, banyak orang mengakui bahwa Gangaa memiliki karakter seperti sungai keramat di India, sungai Gangga yang selalu mengalir, apapun yang terjadi. Beruntung, masih ada beberapa pihak yang salut dengan perjuangan sang gadis dan mendukungnya. Ia adalah Niranjan Chaturvedi. Meski ia adalah seorang pria yang menjadi pemimpin patriarki di keluarga Chaturvedi. Profesinya adalah seorang hakim yang tegas dan menjunjung tinggi keadilan. Ia juga memperjuangkan keseimbangan antara hak laki-laki dan perempuan. Di satu sisi, ia sangat menghormati ibunya yang kolot, meski ia tidak mengaplikasikannya. Di sisi lain, pemikirannya yang maju dan modern membuatnya ingin berjuang demi keadilan bagi wanita dan anak-anak di India.

Pemain Serial India Gangaa:
Ruhana Khanna (Pemeran Gangaa)
Hiten Tejwani (Pemeran Niranjan Chaturvedi)
Sushmita Mukherjee (Pemeran Kanta Dadi, ibu dari Niranjan Chaturvedi)
Gungun Uprari
Rakhi Tandon
Produksi: Sphere Origins


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top