Selamat datang. Selamat belajar, selamat berprestasi. Semoga sukses

Galeri Video

Powered by: Youtube

Kliping Pendidikan

Kliping Berita PNS

Otomotif

wawasan Islam

Kesehatan

loading...
loading...

Hanya dengan Menutup Mata, Cegah Pikun Usia Muda
Tingkat seberapa kuat ingatan tiap manusia tentu saja berbeda-beda. Tapi, pernahkah Anda lupa menyimpan kunci rumah? Seringkali lupa dengan kata sandi e-mail? Jika ini terjadi pada usia Anda yang masih terbilang muda, tentu patut diwaspadai karena inilah tanda-tanda pikun usia dini.

Tapi Anda tak perlu berkecil hati dulu, karena ternyata ada cara mudah untuk mencegah pikun usia dini. Cukup dengan memejamkan mata. Hal ini dibuktikan dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli psikolog dari University of Surrey Inggris yang mengadakan percobaan kepada 200 pria dan wanita.

Para ahli psikolog tersebut melakukan sebuah percobaan dengan memperlihatkan sebuah film pendek yang hanya diisi oleh adegan-adegan tanpa suara kepada 200 pria dan wanita tadi. Setelah itu, para peserta kembali diperlihatkan sebuah film yang dilengkapi dengan audio.

Setelah selesai melewati percobaan pertama, para ahli tersebut memberikan beragam pertanyaan yang tentu saja berhubungan dengan film yang telah mereka tonton. Hasilnya, sebanyak 71% relawan menjawab pertanyaan secara tepat dengan mata terpejam. Sedangkan 48% relawan yang menjawab dengan mata terbuka justru memberikan jawaban yang kurang tepat.

Dari hal ini, para ahli menarik kesimpulan hanya dengan memejamkan mata, Anda dapat dengan baik membangun kembali bayangan dan imajinasi yang lebih mendalam dalam pikiran. Robert Nash mengatakan orang-orang yang memejamkan mata saat berusaha mengingat sesuatu juga bisa mendapat manfaat lainnya, yaitu terbebas dari gangguan sekitar yang bisa memecah konsentrasi.

Bahkan hasil penelitian yang menakjubkan ini telah ditulis kedalam jurnal hukum dan psikologi kriminal di Inggris. Salah satu tulisannya menyatakan bahwa para polisi telah lama mengetahui manfaat metode memejamkan mata ini karena mereka bisa mengumpulkan lebih banyak informasi dari saksi mata yang memberikan keterangan dengan mata terpejam selama wawancara berlangsung.

Jadi, para ahli juga menyarankan kepada semua orang untuk melakukan metode sederhana ini jika tiba-tiba disergap keadaan lupa seketika, misalnya ketika lupa kata sandi atau lupa meninggalkan suatu barang dan ingin kembali mengingatnya.

Tak hanya itu, hebatnya hanya dengan menutup mata dapat meningkatkan memori siapa saja untuk mengingat kembali tanggal persis suatu peristiwa yang dialaminya meskipun telah terjadi bertahun-tahun lamanya.

Sumber: sooperboy.com


loading...
Bagikan artikel ini:
Suka artikel ini?
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top